Pengertian Jaringan Komputer, Komponen dan Perangkat Keras

Teknologi Jaringan Komputer


Apakah yang tersirat dalam fikiran anda tentang Jaringan Komputer, lantas Komponen Apa yang di perlukan serta Apa jenis Perangkat Keras di gunakan? Temukan jawabnya pada penjelasan di bawah ini! jangan beranjak sebelum memahaminya.

Mayoritas rumah tangga atau perkantoran saat ini memiliki komputer lebih dari satu. Maklum saja, jumlah komputer ini bertambah seiring dengan penggunaan komputer yang makin merajalela dalam kehidupan manusia modern, dikarenakan fungsinya mempermudah manusia untuk menyelesaikan pekerjaan.
Pengertian Jaringan Komputer


PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER


Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer-komputer, serta piranti-piranti yang saling terhubung sebagai satu kesatuan. Dengan dihubungkannya piranti-piranti tersebut, alhasil dapat saling berbagi sumber daya antar satu piranti dengan piranti lainnya.
Dalam istilah komputer, jaringan merupakan penghubung antara dua komputer atau lebih yang tujuan utamanya adalah berbagi data. Betulkah jaringan komputer itu hardware dan Software? Jawabnya adalah betul. Jaringan komputer adalah gabungan antara hardware dan Software.

Jaringan komputer bisa diklasifikasikan menurut beberapa kategori, nanti akan dijelaskan lebih lanjut di sub bab Mengenal Jenis Jaringan Komputer. Karena sebuah sistem, jaringan komputer terdiri atas komponen-komponen, dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

> Membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
> Komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
> Akses informasi, contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut Client dan yang memberikan layanan disebut server. Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh jaringan komputer.

Jaringan komputer mempunyai berbagai macam tipe yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar lebih jelas, berikut penjabarannya.
Ada banyak tipe jaringan komputer, itu juga bisa dibedakan berdasarkan beberapa parameter yang berbeda. Parameter pertama adalah berdasarkan ruang lingkup. Ada beberapa tipe jaringan komputer berdasarkan ruang lingkupnya, yaitu:
  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)
  • Wide Area Network (WAN)
LAN/local area network adalah sebuah jaringan komputer yang cakupan areanya kecil, seperti di sebuah rumah, kantor, atau sekolah.


Karakteristik khusus dari LAN yang membedakannya dengan jaringan WAN adalah transfer data yang lebih besar, cakupan area geografis yang lebih sempit, dan tidak perlunya jalur komunikasi leased line. Teknologi yang dipakai untuk membuat LAN ada beberapa macam, ada ARCNET dan Token Ring. Namun, yang lazim digunakan sekarang adalah Ethernet dan kabel UTP.
Sebuah Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang cakupannya cukup luas, seperti antar regional atau antar negara. Ada beberapa teknik koneksi yang biasanya dipakai untuk membuat Wide Area Network, yaitu:

  • Leased line, koneksi Point-to-Point antara 2 komputer atau Local Area Networks/LAN.
  • Circuit switching, jalur sirkuit yang dedicated yang diciptakan antara end point. Contohnya adalah koneksi dialup.
  • Packet switching, transport paket melalui point-to-point atau point-to-multipoint melalui carrier internetwork.
  • Cell relay, mirip dengan packet switching, tetapi menggunakan sel dengan panjang yang tetap serta bukan sel yang panjangnya variabel. Data dibagi menjadi beberapa sel dengan panjang tetap, kemudian ditransportasikan melalui sirkuit virtual.
Adapun metropolitan area network (MAN) adalah jaringan komputer yang cakupan luasnya mencapai satu atau lebih kota. Sebuah MAN biasanya menghubungkan antara beberapa LAN lokal menggunakan teknologi backbone, seperti fiber optik, dan menyediakan layanan ke banyak jaringan seperti untuk internet.

Selain berdasarkan ruang lingkup, jaringan juga bisa dikelompokkan berdasarkan topologi. Paling tidak ada beberapa jenis jaringan yang dikelompokkan berdasarkan topologi:

  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Ring

Topologi Bus merupakan arsitektur jaringan di mana client-client yang ada di jaringan dihubungkan melalui line komunikasi yang ter-share yang disebut bus.

Jaringan tipe Bus ini merupakan metode yang paling sederhana untuk menghubungkan banyak client. Kekurangannya adalah saat 2 client hendak mentransmisikan data pada saat bersamaan, datanya bisa bertabrakan di bus. Untuk menghindari tabrakan ini, biasanya digunakan teknik Carrier Sense Multiple Access atau adanya bus master untuk membagi trafik data. Topologi bus sangat memudahkan penambahan piranti baru.
Topologi Star merupakan topologi yang paling lazim digunakan di jaringan komputer. Topologi star memiliki satu pusat berupa switch, hub atau komputer yang berfungsi sebagai pusat untuk mentransmisi data. Topologi star ini mengurangi kegagalan jaringan karena semua jaringan dihubungkan ke bagian pusat. Jadi, jika salah satu node putus, keseluruhan jaringan masih bisa jalan.
Jaringan dengan topologi Ring adalah jaringan di mana tiap simpul terhubung ke 2 node lainnya. Dengan demikian, topografi jaringan mirip dengan lingkaran di mana simpul-simpul jaringan ada di sekelilingnya.

Data di topologi ring ditransfer dari simpul ke simpul sehingga tiap simpul meng-handel tiap paket. Karena topologi ring hanya menyediakan satu jalan antar tiap node, topologi ini bisa terganggu jika ada satu link jaringan yang rusak. Kegagalan di satu simpul atau kerusakan pada kabel bisa membuat seluruh jaringan rusak. Oleh karena itu, topologi ring ini paling rentan untuk error dibandingkan topologi lainnya.
Pembagian jaringan tipe ketiga adalah berdasarkan medium penghantar jaringan. Secara garis besar, medium penghantar jaringan bisa dibagi menjadi 2, yaitu kabel/wire dan nirkabel/wireless.

Kabel membentuk jaringan berkabel atau sering disebut wired network. Jaringan kabel dan nirkabel masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. Anda dapat memilih antara keduanya tergantung kepada kebutuhan.

Jaringan kabel memiliki kelebihan dalam aspek keamanan, dan transfer data yang lebih cepat. Sehingga Dengan demikian, Anda bisa mentransfer data lebih cepat dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan wireless.

Selain itu, jaringan kabel juga cenderung lebih murah untuk membangun LAN sederhana. Namun, jika jumlah komputer sangat banyak, jaringan berkabel justru lebih mahal dibandingkan jaringan wireless.

Jenis jaringan komputer kedua adalah nirkabel atau sering disebut wireless. Jaringan wireless adalah jaringan yang lebih mudah dibuat serta perawatannya tidak mahal. Jika jumlah komputer banyak, jaringan wireless ini lebih murah jika dibandingkan jaringan kabel. Tidak adanya kabel digantikan dengan gelombang radio.

Karena tidak menggunakan kabel, tipe jaringan ini lebih fleksibel. Misalnya, Anda bisa tetap terhubung ke jaringan sambil memindah-mindahkan laptop. Namun, wireless juga punya kekurangan. Kekurangan pertama adalah kecepatannya lebih rendah. Selain itu, tingkat keamanan data juga kurang jika dibandingkan jaringan kabel.
Dalam pembuatan jaringan, Anda harus mempersiapkan perangkat-perangkat yang diperlukan. Seperti yang telah dijelaskan pada sub bab sebelumnya, jaringan komputer tidak hanya hardware saja, tetapi juga mengandung Software. Di sub bab ini, Anda akan mengetahui penjelasan tentang berbagai perangkat yang diperlukan dalam pembuatan jaringan komputer.

Komponen pertama yang penting disiapkan untuk membuat jaringan adalah perangkat keras. Apakah perangkat keras itu? Perangkat keras atau dalam bahasa inggris disebut hardware adalah semua bagian fisik komputer, adapun bagian nonfisik akan disebut perangkat lunak.

Ada perangkat keras yang perlu disiapkan untuk membuat jaringan komputer, lebih lengkap akan dibahas di sub bab berikut ini.

Network interface card dalam bahasa Indonesia sering disebut kartu jaringan (disingkat NIC) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Ada 2 jenis NIC, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, dan Token Ring. Adapun NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Atau sering disebut sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Apakah Mac Address itu? MAC Address kepanjangannya adalah Media Access Control Address. Yaitu sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.

Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte), yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Dengan adanya MAC Address, perangkat-perangkat dalam jaringan bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination).

Dalam sebuah komputer, MAC address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan (network interface card/NIC) yang digunakan untuk menghubungkan komputer yang bersangkutan ke jaringan. MAC Address umumnya tidak dapat diubah karena telah dimasukkan ke dalam ROM. Beberapa kartu jaringan menyediakan utilitas yang mengizinkan pengguna untuk mengubah MAC address, meski hal ini kurang disarankan.

Tiap pabrikan punya MAC Address sendiri-sendiri, misalnya:
  • Cisco Systems: 00 00 0C.
  • Cabletron Systems: 00 00 1D.
  • International Business Machine Corporation: 00 04 AC.
  • 3Com Corporation: 00 20 AF.
  • GVC Corporation: 00 CO A8.
  • Apple Computer: 08 00 07.
  • Hewlett-Packard Company: 08 00 09.
  • Realtek: 00 40 CA.

Untuk mengetahui MAC Address, Anda bisa menggunakan perintah ipconfig /all di Windows atau ifconfig di Linux.
Dilihat dari jenisnya, NIC fisik adalah NIC yang bisa Anda beli di toko-toko komputer. Adapun NIC logis adalah NIC yang diemulasikan oleh sistem operasi sebagai localhost. Untuk menghubungkan kartu jaringan atau NIC ini ke komputer, biasanya digunakan beberapa antarmuka bus, seperti bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau yang terbaru adalah bus PCI Express.
Selain itu, ada juga antarmuka khusus (seperti di komputer laptop) yang menggunakan slot USB, PCMCIA, serial, paralel atau Express Card.


Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator. Sangat diperlukan jika Anda ingin menghubungkan jaringan komputer Anda ke internet.

Dari namanya, dapat disimpulkan bahwa modem berfungsi sebagal:


> Modulator adalah proses mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan.

> Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem merupakan penggabungan dari keduanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem. Jadi, apapun media komunikasinya (misalnya: VSAT, Microwave Radio, kabel telepon, dan lain sebagainya), tetap diperlukan modem.
Di antara modem yang sekarang lazim digunakan untuk internet kecepatan tinggi/broadband adalah modem ADSL dan modem 3G/HSDPA.

Modem ADSL atau modem DSL (digital subscriber line) adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. ADSL di Indonesia lazim dipakai oleh para pengguna Telkom Speedy.
Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN