Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya

Teknologi Elektronika


Pada kehidupan sehari-hari banyak kita temui alat yang mengadopsi elektronika sebagai basis dasar teknologi. Contoh dari alat tersebut antara lain lampu lalu lintas, lampu penerangan jalan otomatis, televisi, radio, telepon, dan lain-lain. Alat-alat tersebut yang diciptakan semaksimal mungkin agar dapat dimanfaatkan secara tepat guna dan efisien.

Trafic Light Yang Merupakan Alat Elektronika

Alat-alat yang menggunakan kerja dasar elektronika disebut dengan peralatan elektronik. Elektronika adalah ilmu yang mempelajari arus listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron dalam suatu alat seperti komputer, alat elektronik, termokopel dan lain-lain. Kini hampir semua orang pasti memiliki alat elektronika. Sebagian besar aktivitas manusia pasti dibantu dengan adanya alat elektronika.

Bahkan hampir setiap hari alat elektronika muncul dengan kecanggihan yang terus berkembang. Banyaknya alat elektronik dengan teknologi yang semakin canggih, dan banyaknya konsumen alat tersebut menjadi wujud menghargai dan peduli terhadap keragaman alat elektronika sebagai anugerah Fuhan Yang Maha Esa. Hal ini juga menjadi peluang generasi muda untuk selalu mengembangkan teknologi yang ada. Perkembangan ilmu teknologi dan informasi, memudahkan generasi muda untuk menciptakan berbagai karya yang bernilai guna bagi diri sendiri maupun masyarakat. 

Rekayasa Elektronik Praktis

Alat elektronika praktis seperti apakah yang pernah kamu gunakan? Alat elektronika praktis memudahkan pekerjaan manusia. Bacalah artikel di bawah ini dengan untuk memberikanmu gambaran tentang rekayasa elektronika praktis!
Uang Elektronik, Kemudahan Bagi Masyarakat
Di zaman yang serba modern, berbagai hal mudah untuk dilakukan oleh manusia. Dengan bantuan alat elektronik yang canggih, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaannya dari dimanapun berada. Salah satunya adalah kegiatan perniagaan. Pembayaran atau pengiriman uang jarak jauh dapat dilakukan dengan ATM (Automatic Teller Machine).
Uang Elektronik, Kemudahan Bagi Masyarakat dengan ATM Stor Tunai


Setiap hari masyarakat menggunakan ATM untuk mengambil atau mengirim uang melalui mesin ATM. Kartu ATM dapat bekerja dengan rangkai alat berupa

mesin ATM, komputer,dan mesin untuk memproses transaksi. ATM adalah hasil dari alat elektronika praktis yang menggunakan kunci digital berupa data PIN (.Personal Identification Number). Kartu ATM bekerja berkat adanya kabel magnetic chip. Kartu ATM serta mesin ATM bekerja dengan adanya internet.

Berdasarkan artikel yang telah kamu baca, kamu telah mengetahui contoh dari alat elektronika praktis berupa ATM. Kartu ATM bekerja dengan mengirimkan magnetic chip dan mesin ATM bekerja berdasarkan komputerisasi dan jaringan internet.

Latihlah wawasanmu tentang alat elektronika praktis dengan mengerjakan kegiatan berikut dengan penuh tanggung jawab.
Kegiatan Latihan
Judul Kegiatan : Berlatih Mengidentifikasi Alat Elektronika Praktis
Jenis Kegiatan : Kerja Kelompok
Tujuan Kegiatan : Peserta didik dapat menjelaskan tentang alat elektronika praktis dengan tepat.

Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.

1. Bentuklah kelompok dengan teman sekelasmu yang terdiri atas 5-6 orang!
2. Bacalahbeberapa artikel atau materi yang membahas pengertian elektronika praktis dan macam-macam alat elektronika praktis dari berbagai sumber dengan sungguh-sungguh!
3. Bertanyalahkepada gurumu mengenai alat elektronika praktis pada artikel!
4. Carilah informasi tentang pengertian elektronika praktis dan macam-macam alat elektronika praktis dari literatur atau buku!
5. Berdasarkan data yang kamu dapat, buatlah laporan mengenai pengertian elektronika praktis dan macam-macam alat elektronika praktis menurut ahli serta menurut pendapat kelompokmu!
6. Setelah selesai, presen tasikanlaporan kalian di depan kelas dan bandingkan hasilnya dengan kelompok lain untuk mendapatkan penilaian dari gurumu!

Kamu telah berhasil memahami alat elektronika praktis dengan baik. Kamu juga melatih ke cerma fen serta ke disiplinanmu dalam menyelesaikan tugas. Simaklah materi berikut agar kamu lebih memahami tentang alat elektronika praktis.

1.

Pengertian Elektronika Praktis


Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat. Menurut KKBI, Elektronika praktis mudah dalam pemakaiannya. Dapat disimpulkan bahwa elektronika praktis adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dalam pengoperasiaannya dengan mengontrol aliran elektron dalam suatu alat secara mudah dalam pemakainnya.


2

Aneka Jenis Alat Elektronika Praktis dan Manfaatnya


Produk elektronika telah menyentuh hampir seluruh kehidupan manusia. Bidang-bidang yang berkembang pesat dalam elektronika antara lain.

a. Bidang iustrumentasi dan kontrol


Bidang ini berkecimpung pada pengem-bangan alat ukur elektronik, instrumentasi penelitian, memproses data dan alat kontrol. Contoh: sistem mikroprosesor sebagai kontrol.

b. Bidattg telekomunikasi


Bidang ini pada alih informasi jarak jauh baik menggunakan kabel maupun tanpa kabel.

c. Bidang elektronika konsumer


Alat elektronika konsumer yaitu alat kebutuhan umum seperti radio, televisi dan lain-lain.

d. Bidang elektronika kuantum


Bidang ini berkecimpung pada pengembangan elektronika yang menyangkut interaksi antara cahaya, gelombang mikro dan lain-lain.
Alat elektronika praktis terdiri dari aneka jenis antara lain.


a. Televisi


b. Kipas Angin


c. Handphone


d. Air Conditioner


e. Komputer


f. Laptop


g Running LED

3.

Pengemasan Alat Elektronika Praktis


Pada alat elektronika praktis terdapat komponen elektronika. Komponen tersebut memiliki beberapa hal sensitif yang membuatnya lebih mudah rusak. faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada alat elektronika antara lain seperti berikut.

a. Sensitif terhadap suhu ekstrim, baik dingin maupun panas.

b. Sensitif terhadap air. Air dapat menyebabkan korsleting pada komponen elaktronik. Gunakan kembali alat setelah benar-benar kering.

c. Sensitif terhadap tekanan atau gerakan. Alat elektronika praktis yang terjatuh atau mendapat tekanan besar yang tiba-tiba dapat menyebabkan komponen elektronik rusak, bergeser atau terlepas dari rangkaian.
Hal-hal seperti di atas harus dipertimbangkan ketika membuat perencanaan pengemasan. Kemasan utama dan kemasan tambahan alat elektronika praktis pada umumnya dibuat berdasarkan ukuran dan komposisi produk. Sedangkan bahan yang digunakan disesuaikan dengan faktor estetika dan ergonomis produk. Misal pada mesin ATM, mesin ATM dibuatseperti box atau bahkan dengan ruangan ber-AC. Mesin ATM terbuat dari bahan besi dan baja yang kuat. Mesin ATM di pertokoan atau mall bahkan memiliki ruang tersendiri. Selain agar terlihat rapi, hal tersebut juga memudahkan masyarakat untuk menemukan mesin ATM.

Ditinjau dari cara perawatan alat elektron-ika praktis, penyimpanan, penggunaan produk harus aman sesuai dengan karakteristik produk. Pada produk alat elektronika praktis yang cang-gih, cara perawatan alat telah dijelaskan pada buku petunjuk penggunaan alat dan juga sesuai dengan karakteristik produk.

Praktik
1. Bentuklah kelompok dengan teman sebangkumu.
2. Amatilah peluang usaha alat elektronika praktis di sekitarmu!
3. Kemudian analisislah bersama kelompokmu tentang peluang usaha alat elektronika praktis apa yang yang berpotensi berkembang di daerahmu!
4. Buatlah laporan hasil mengamatan kalian dengan jujur!
5. Komunikasikanlah hasil wawancaramu untuk mendapatkan penilaian dari gurumu.

4.

Peluang Usaha Elektronika Praktis


Sebelum memutuskan untuk membuka usaha, wirausahawan harus mengenal usaha yang akan dibuat. Wirausahawan terlebih dahulu melakukan observasi lapangan, mencari informasi dan referensi melalui bertanya, dan membaca buku usaha. Dari data yang didapat wirausaha yang kreatif dan inovatif akan peka dan melihat berbagai peluang usaha.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang besar. Berbagai peralatan elektronik digunakan oleh masyarakat untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Sebagai negara berkembang, masyarakat Indonesia adalah pasar yang baik untuk pemasaran peralatan elektronik praktis. Dapat dilihat bahwa saat ini setiap orang pasti menggunakan alat elektronik praktis, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hal inilah yang menjadi peluang bagi wirausahawan alat elektronik praktis.

Dalam memilih bidang usaha perlu dipertimbang-kan hal-hal berikut ini.

a. Pengaruh lingkungan sekitar


Kemunculan AC dapat mempengaruhi kemunculan mobil dengan AC. Alat elektronik praktis mempengaruhi penggunaannya di berbagai aspek. Tidak hanya pada alat rumah tangga namun juga alat komunikasi, transportasi dan lainnya.

b. Permintaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan


Kebutuhan masyarakat untuk bersosialisi atau jual-beli menggunakan alat canggih memicu produksi laptop, komputer, dan juga jaringan internet yang lebih besar.

c. Pesaing yang fluktuatif


Produk alat elektronika praktis memiliki perkembangan yang cepat baik secara teknologi maupun desain. Meski demikian pesaing usaha peralatan elektronika praktis selalu naik turun tidak menentu. Ketika banyak pesaing produk, maka yang mampu bertahan akan memenangkan persaingan.
Berdasarkan pemilihan produk elektronik yang dihasilkan faktor yang dipertimbangkan di antaranya pemakaian yang mudah, efisiensi dalam penggunaan, kualitas produk terjamin, hemat daya dan jaminan keamanan dalam pemakaian.
Peluang usaha pada dasarnya muncul dari per-masalahan konsumen. Setelah solusi muncul, konsumen masih memiliki masalah pada minat dan daya beli terhadap suatu produk. Adapun analisis peluang usaha berdasarkan minat dan daya beli konsumen antara lain.
a. Minat besar, daya beli kuat sehingga kelangsungan usaha terjamin.
b. Minat besar, daya beli rendah sehingga kelangsungan usaha terhambat.
c. Minat rendah, daya beli rendah sehingga usaha tidak dapat berlangsung.
Berdasarkan peluang usaha dari minat dan daya beli konsumen, memiliki kriteria dengan harga terjangkau, bermanfaat, berkualitas, harga jual bersaing, desain modern dan harga terjangkau. Pemilihan tempat pemasaran juga mempengaruhi keuntungan yang bisa didapat. 

Wirausahawan adalah pelaku dan pemegang kendali atas berjalannya usaha yang dibuat. Seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif untuk menggali dan mengembangkan usaha yang telah dimulai. Adapun kriteria wirausaha yang kreatif dan inovatif antara lain:
a. Percaya akan bisnis dapat dilaksanakan.
b Menerima gagasan baru di dalam dunia usaha.
c. Bertanya pada diri sendiri tentang permasalahan yang ada untuk menemukan peluang usaha.
d. Mendengarkan saran orang lain.
e. Etos kerja yang tinggi.
f. Pandai berkomunikasi.
Menurut Paul Charlap (2008:2) terdapat rumus yang mencakup empat unsur yang harus dimiliki seorang wirausaha untuk mencapai kesuksesan yaitu kerja keras, kerja cerdas, antusias, dan pelayan yang baik. Pengenalan diri bagi pengusaha atau wirausahawan adalah modal awal untuk mengenali lingkungannya, mengindera peluang usaha, mengerahkan sumber daya, dan untuk meraih peluang usaha dalam batas resiko yang tertanggungkan dan menikmati nilai tambah. Peluang usaha alat elektronik untuk pemula sebaiknya didukung dengan kerjasama dengan perusahaan elektronik besar untuk menciptakan alat elektronik yang kreatif dan inovatif. Sedangkan untuk pemasaran, kerjasama bisa dilakukan dengan perusahaan retail. Pemasaran melalui retail bahkan dapat menjangkau konsumen yang lebih luas sehingga usaha dapat berkembang lebih baik.

5.

Keberhasilan dan Kegagalan Usaha Elektronika Praktis


Seorang pengusaha dalam merintis usahanya melalui cara yang rumit dan tidak mudah, sehingga menyebabkan keberhasilan dan kegagalan usaha elektronika praktis. Beberapa sikap yang mendukung keberhasilan usaha alat elektronika praktis yaitu di antaranya:

a Jujur; Kejujuran diterapkan dalam menciptakan produk, promosi dan pemasaran.

b. Disiplin; Disiplin harus diterapkan dalam menja-lankan sebuah usaha. Produk yang berkualitas lahir dari sikap disiplin yang berkelanjutan.

c. Berani; Persaingan usaha elektronika praktis yang ketat mewajibkan wirausahawan berani dalam mengambil keputusan dan resiko.

d. Menerapkan prinsip manajemen dengan baik; Semua kegiatan produksi alat elektronika praktis dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan mencapai pendapatan yang diinginkan.

Beberapa karakteristik di atas pasti dimiliki oleh wirausahawan yang sukses. Apabila keberhasilan usaha dipengaruhi oleh sikap wirausahawan, kegagalan usaha juga bisa disebabkan oleh beberapa hal. Adapun faktor penyebab kegagalan usaha elektronika praktis antara lain.
a. Perencanaan yang tidak matang.
b. Bakat yang tidak sesuai.
c. Pengalaman yang kurang.
d. Semangat wirausaha yang tidak ada.
e. Minimnya modal.
f. Pemasaran yang lemah.
g. Etos kerja yang rendah.
Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN