Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis

Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis


Pada kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari kita bertemu dengan sesuatu perangkat teknologi elektronika, yang kerjanya terkendali secara otomatis, baik terkendali sebagian maupun seluruhnya. Alat elektronika dengan kendali otomatis digunakan dalam semua bidang kehidupan, misalnya pada proses industri adalah pesawat terbang, peluru kendali, pesawat ruang angkasa, robot dan lain sebagainya. Sedangkan pada bidang non teknis adalah pada bidang biologi, ekonomi, sosial, kedokteran dan lain-lain. Dengan meningkatnya kinerja sistem, kualitas produksi dapat menekan biaya produksi.

Sudah pernahkah Anda melihat robot? Robot adalah salah satu alat elektronika dengan kendali otomatis yang dapat melakukan suatu pekerjaan secara terus menerus tanpa memiliki rasa bosan/jenuh. Seiring perkembangan zaman, robot dibuat dalam bentu beragam. Mulai dari Robot Line follower, robot B.E.A.M. (Biology, Electronics, Aesthetics and Mechanics). Dengan banyaknya macam robot, kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat. Ilmu dan Teknologi yang berkembang dengan pesat telah menghasilkan berbagai alat elektronika dengan kendali otomatis yang bermanfaat bagi manusia.

Coba perhatikan video berikut yang menampilkan mobil mainan yang dikendalikan dengan remote control. sumber : http://youtube.com


Desain dan Pengemasan Alat Elektronika dengan Kendali Otomatis


Apa yang bisa Anda bayangkan jika dalam segala aspek kehidupan di lakukan dengan robot? Robot termasuk salah satu alat elektronika dengan kendali otomatis yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Pengertian Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis

Sistem kendali adalah bagian yang terintegrasi dari sistem kehidupan modern saat ini. Selain itu pengertian sistem pengendali otomatis adalah pengertian yang terdiri dari sistem, plant dan proses secara jelas. Sistem adalah kombinasi beberapa komponen yang bekerja secara bersama-sama dan dapat melakukan sasaran tertentu. Plant adalah alat yang terdiri dari bagian mesin yang bekerja bersama-sama dan digunakan dalam melakukan operasi tertentu. Proses adalah operasi dari plant yang dikendalikan terutama perubahan variabel proses. Jadi pengertian karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis yaitu kegiatan rekayasa pada bidang elektronika yang pengontrol dan monitoringnya yang biasa dilakukan manusia dapat digantikan perannya dengan prinsip optimasi.

Pada perkembangannya pengendalian otomatis dan pengontrol otomatis adalah disiplin ilmu yang biasa disebut dengan control engineering dan control system engineering, dengan berkembangnya teknologi sistem otomasi dapat diwujudkan.

Aneka Jenis Produk Karya Elektronika dengan Kendali Otomatis

Berikut ini adalah beberapa contoh dari produk karya elektronika dengan kendali otomatis pada industri.

a. Sistem kendali kecepatan mesin

Pada sistem kendali otomatis pada alat governor watt mesin pada kecepatan mesin, plant adalah sistem kendali mesin dan variabel yang dikendalikan kecepatannya.

b. Sistem kendali lengan robot
Sistem kendali lengan robot termasuk salah satu alat yang digunakan industri untuk memperbaiki produktivitas, meningkatkan kapasitas dan efisiensi terhadap tenaga manusia. Dengan lengan robot ini dapat digunakan untuk operasi yang bersifat rumit dan rutin serta pada pekerjaan yang memerlukan akurasi tinggi. Pada plant yaitu lengan robot yang terdiri dari motor, pergelangan dan lengan tangan. Terdapat kamera untuk mengetahui gerakan tangan robot. Pengendali digunakan untuk menggerakkan aktuator ke arah yang dikehendakinya.

c. Sistem kendali suhu

Sistem kendali suhu pada kompor listrik. Suhu yang terdapat pada kompor listrik diukur oleh termokopel analog yaitu dengan mengubah suhu digital oleh konverter A/D. Suhu digital dimasukkan ke pengendali melalui antarmuka, penguat, dan relai untuk membawa suhu kompor pada nilai yang diinginkan.

d. Sistem kendali suhu ruang penumpang mobil 

Sistem kendali suhu ruang penumpang mobil yang dikehendaki dikonversikan menjadi tegangan melalui sensor selanjutnya dimasukkan ke pengendali untuk dibandingkan dengan setpoint. Pemasangan sensor suhu yaitu di dalam sedotan udara yang posisinya dekat dengan penumpang. Pengendali mengirimkan sinyal pengendali pada alat pengatur udara untuk mengontrol jumlah udara penyejuk sehingga ruangan suhu penumpang sama dengan suhu yang diinginkan.

e. Sistem kendali rel kereta api

Sistem kendali rel kereta api secara otomatis dirancang untuk memperlambat kereta dalam pengereman agar tidak mengganggu penumpang. Sistem kendali ini juga berfungsi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, karena menggunakan komputer dalam pengaturan lalu lintas kereta api.

f. Sistem kendali manuvering kapal

Sistem kendali manuvering kapal digunakan untuk mengendalikan arah gerak kapal.

Manfaat Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis

Pada rekayasa elektronika dengan kendali praktis memiliki fungsi untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalah. Salah satu contohnya adalah kendali lengan robot yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang rumit, rutin, dan yang memerlukan akurasi yang tinggi dalam industri sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Karena untuk akurasinya yang tinggi jadi menghindari cacat produk elektronika dengan kendali otomatis.

Teknik Pengemasan Hasil Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Fungsi utama pengemasan yaitu menunjang distribusi produk terutama yang mudah mengalami kerusakan. Kemasan bermanfaat sebagai wadah, pelindung, penunjang cara penyimpan dan transport, dan sebagai alat persaingan dalam pemasaran. Syarat pengemasan antara lain harus cocok dengan bahan yang dikemas, sanitasi dan kehigenisan, mencegah pemalsuan,memudahkan dalam membuka dan menutup kemasan, memudahkan dan keamanan dalam mengeluarkan isi produk, mudah dalam membuang kemasan bekas, ukuran, bentuk, dan berat produk, penampilan dan cetakan kemasan, dan biaya rendah.

Bahan yang digunakan untuk mengemas produk rekayasa alat elektronika dengan kendali otomatis, antara lain kayu, logam, kertas, papan kertas, plastik dan foil. Kemasan sendiri dapat dikelompokkan menjadi tiga.
  1. Kemasan kaku; Kemasan terluar yang bersifat kaku dan keras guna melindungi produk. Contohnya dari kayu dan logam.
  2. Kemasan semi kaku; Kemasan semi kaku adalah kemasan yang bentuk tidak dipengaruhi bentuk produk kemasannya. Contohnya aluminium, folding carton, dan lain-lain.
  3. Kemasan fleksibel; Kemasan fleksibel adalah kemasan yang bentuknya berubah-ubah sesuai bentuk produk yang dikemas. Contohnya kantong kertas, kantong plastik, dan lain-lain.

Desain Pengemasan Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Dalam mendesain kemasan produk rekayasa elektronika dengan kendali otomatis mempunyai tiga kategori dalam menentukan desain antara lain.

a. Makna kemasan

Makna kemasan antara lain personal, sosial dan publik. Produk kemasan personal maksudnya adalah kemasan tersebut hariya diketahui oleh pelakunya. Kemasan yang bermakna sosial yaitu untuk penghormatan atau prestasi yang dicapai. Sedangkan kemasan yang bernilai publik adalah produk dalam kemasan yang akan dikomersialkan, jadi kemasan harus diketahui oleh semua orang yang melihatnya.

b. Kemasan dalam bentuk fisik

Kemasan dalam bentuk fisik terdiri dari kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier. Kemasan primer adalah kemasan yang melekat pada produk. Kemasan sekunder adalah kemasan yang melindungi produk, sedangkan kemasan tersier adalah kemasan yang mempunyai fungsi untuk memudahkan dan praktis dalam penggunaannya.

c. Terdapat lima fungsi yaitu fungsi protektif, praktis, informasi, komunikasi dan lingkungan.

Desainer dalam memikirkan produk kemasan adalah bentuk/wujud produk kemasan dan kombinasi warna dari kemasan tersebut. Dalam mendesain kemasan memiliki fungsi sebagai sarana estetika dalam berkomunikasi dengan semua orang dari berbagai latar belakang, minat, dan pekerjaan.