Definisi Digital Data | Analog Data | Transmisi Synchronous | arti TransmisiAsinkron | Asynchronous Transmission

Digital Data


Kata digital berasal dari kata digit dalam bahasa latin digitus. (Wiki Pedia)

Definisi : Data Digital adalah data yang mewakili data lainnya dengan memakai bahasa mesin tertentu yang bisa diinterpretasikan oleh berbagai macam teknologi. Yang menjadi landasan dasar dari sistem ini yaitu sistem biner, sebagai penyimpan informasi audio, video atau teks yang kompleks dalam serangkai karakter biner, secara tradisional adalah nilai nol dan nol, atau nilai "on" dan "of"

Salah satu kekuatan terbesar dari data digital adalah bahwa segala macam input analog yang sangat kompleks dapat ditunjukkan dengan sistem biner. Seiring dengan mikroprosessor yang lebih kecil dan pusat penyimpanan data yang lebih besar, model pengambilan informasi ini telah membantu pihak-pihak seperti bisnis dan lembaga pemerintah untuk mengeksplorasi batas-batas baru pengumpulan data dan untuk menghadirkan simulasi yang lebih mengesankan melalui antarmuka digital.

Digital Data Menurut Techopedia. Dari rancangan data digital primitif yang paling awal ke data biner yang baru, sangat canggih dan masif, data digital berusaha menangkap elemen dunia fisik dan mensimulasikannya untuk penggunaan teknologi. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, namun dengan teknik khusus untuk menangkap berbagai peristiwa di dunia nyata dan mengubahnya menjadi bentuk digital.

Salah satu contoh sederhana adalah konversi adegan fisik ke gambar digital. Dengan cara ini, data digital baru agak mirip dengan sistem data lama yang mengubah tampilan fisik atau adegan menjadi film kimia. Salah satu perbedaan utama adalah data digital mencatat informasi visual ke peta bitmap, atau pixelated, yang menyimpan properti warna tertentu untuk setiap bit pada grid yang tepat dan canggih. Dengan menggunakan sistem transfer data sederhana yang mudah ini, citra digital dibuat. Teknik serupa digunakan untuk merekam stream audio dalam bentuk digital. 

Digital Data

Analog Data


Apa arti Data Analog?

Data analog adalah data yang diwakili secara fisik. Dimana data digital adalah satu set simbol individu, data analog disimpan di media fisik, apakah itu alur permukaan pada rekaman vinil, pita magnetik kaset VCR, atau media non-digital lainnya.

Salah satu gagasan besar di balik dunia teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah bahwa banyak fenomena alam di dunia dapat diterjemahkan ke dalam teks digital, gambar, video, suara, dan Iain-lain. Misalnya, pergerakan fisik objek dapat dimodelkan dalam simulasi spasial, dan Audio dan video real-time dapat ditangkap dengan menggunakan berbagai sistem dan perangkat.

Data analog juga bisa dikenal sebagai data organik atau data dunia nyata.

Techopedia menjelaskan Analog Data

Salah satu cara untuk mengkarakterisasi data analog adalah bahwa hal itu hanya ada tanpa diukur. Agar data analog dikonversi menjadi bentuk digital, data analog harus diambil dan diberikan dengan menggunakan teknologi tertentu. Biasanya, data digital menggunakan sistem biner sederhana untuk membangun kumpulan data yang mewakili input audio atau video.

Untuk satu contoh sederhana perbedaan antara data analog dan digital, pertimbangkan untuk memindahkan air. Data analog adalah permukaan air yang sebenarnya bergerak, yang indra manusia akan anggap sebagai perubahan gerakan fisik serta warna. tekstur dan bahkan bau air itu sendiri. Format digital akan mengubah gerakan fisik, sifat warna atau keduanya menjadi kumpulan data yang akan mensimulasikan properti ini di antarmuka perangkat keras, atau menyimpannya untuk tujuan penelitian.

Meskipun beberapa teknologi baru mungkin mengaburkan batas antara data analog dan data digital, sifat penting dari data analog akan selalu menjadi pola dasar dimana konversi digital berbasis. Dengan kata lain, sementara data digital dapat mensimulasikan dan membuat data analog, sangat terbatas kemampuannya untuk mengkombinasikan ulang data analog secara komprehensif.

Transmisi Synchronous


Transmisi sinkron adalah metode transfer data yang ditandai oleh aliran data kontinyu dalam bentuk sinyal yang disertai sinyal waktu reguler yang dihasilkan oleh mekanisme clocking eksternal yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa baik pengirim dan penerima disinkronkan satu sama lain..

Data dikirim sebagai frame atau paket dalam interval tetap.

Transmisi sinkron adalah transmisi sinyal dalam interval tetap berdasarkan sinyal clocking yang telah ditentukan dan dimaksudkan untuk transmisi data sensitif waktu yang konstan dan dapat diandalkan seperti VoIP dan streaming audio / video.

Metode transmisi ini digunakan ketika sejumlah besar data perlu ditransfer dengan cepat karena data ditransfer dalam blok besar, bukan karakter individu. Blok data diberi spasi dan dikelompokkan dalam interval reguler dan didahului oleh karakter sinkron yang digunakan perangkat remote decode dan digunakan untuk menyinkronkan koneksi antara titik akhir.

Setelah sinkronisasi selesai, transmisi bisa dimulai.

Apa arti Transmisi Asinkron ?


Transmisi asinkron adalah transmisi data dimana masing-masing karakter adalah unit mandiri dengan start dan stop bit sendiri dan interval yang tidak merata di antara keduanya.

Transmisi asinkron juga disebut sebagai transmisi start / stop.

Asynchronous Transmission

Transmisi asinkron menggunakan bit start dan stop untuk menandakan bit awal dan akhir. Yang tambahan di awal dan akhir sebuah transmisi mengingatkan penerima untuk terjadinya karakter pertama dan karakter terakhir. Metode transmisi asinkron dikerahkan saat data dikirim sebagai paket yang bertentangan dengan arus padat. Bit start dan stop memiliki polaritas yang berlawanan, memungkinkan receiver untuk memahami saat paket kedua informasi telah dikirim.

Dua karakteristik utama yang spesifik untuk komunikasi asinkron adalah:

  • Setiap karakter didahului oleh bit awal dan diikuti oleh satu atau beberapa bit stop
  • Ruang antar karakter biasa terjadi