Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam

Dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup baik itu manusia maupun makhluk hidup lainnya membutuhkan berbagai macam sumber daya yang berasal dari alam semesta. Sebagai contoh untuk kebutuhan perut manusia perlu mengkonsumsi makanan dan makanan ini tentunya berasal dari tumbuhan atau hewan walaupun makanan tersebut sudah diolah sedemikian rupa tetapi sumbernya tetap dari alam. Manusia hanya bisa mengolah dan bukan menciptakan. Begitu juga dalam hal transportasi, supaya kendaraan bermotor bisa di manfaatkan untuk mengantarkan kita ke suatu tempat maka butuh bensin sebagai sumber daya energi dan sumber energinya ini merupakan hasil dari penambangan minyak bumi.

Melihat dari contoh tersebut, maka muncul pertanyaan apa sih yang dimaksud dengan sumber daya alam

Yang dimaksud dengan sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang terdapat di alam semesta ini yang bisa digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya untuk kelangsungan kehidupan.

Diantara begitu banyaknya sumber daya alam, maka dapat dibedakan berdasarkan karakteristik antara lain sifat keterbaruan, asal dan penggunaannya.

a. Jenis sumber daya alam di tinjau dari segi keterbaruannya


Berdasarkan keterbaruan atau bisa diperbaharui, terdapat dua jenis yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui.

Pengertian dari Sumber Daya Alam Yang dapat diperbaharui adalah setiap sumber daya alam yang tidak akan pernah habis walaupun digunakan secara terus-menerus, karena sumber daya alam ini bisa di daur ulang atau bisa dibuat kembali (renewable resources).Diantara sumber daya alam yang bisa di perbaharui adalah hewan. Hewan bisa berkembang biak, air, hasil pertanian seperti buah-buahan, tanaman padi, jagung dan lain sebagainya.

Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat di perharui adalah sumber daya alam yang akan habis apabila penggunaannya tidak dibatasi. Sumber daya alam ini juga tidak bisa di daur ulang kembali (non-renewable resources) seperti emas, besi tembaga, nikel, minyak bumi dan gas alam.

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui

b. Asal Sumber Daya Alam
Menurut asalnya sumber daya alam bisa dikelompokkan dalam dua jenis yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati.

Yang dimaksud dengan sumber daya alam hayati yaitu segala sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup (biotic resource), contohnya cukup banyak seperti yang ada di sekitar kita seperti susu, telur, daging yang berasal dari binatang, sayuran, buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya.
Sumber daya alam bisa diperbaharui

3. Sumber daya alam ditinjau dari segi kegunaannya (manfaat).


Berdasarkan manfaat sumber daya alam di bagi menjadi dua kelompok yaitu Sumber daya alam penghasil bahan baku dan sumber daya alam penghasil energi

Yang dimasukd dengan sumber daya alam bahan baku yaitu sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat barang baru yang mempunyai nilai ekonomis dan fungsinya akan menjadi lebih baik dari pada bahan bakunya seperti kayu di olah menjadi perabot rumah tangga. Contoh dari sumber daya alam bahan baku yaitu kayu dari hutan, hasil tambang, hasil pertanian, serta hasil hutan.

Sumber daya alam sebagai penghasil energi yaitu sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia, contohnya minyak bumi, gas, panas matahari, angin, ombak, air terjun, batu bara dan masih banyak lagi yang lainnya.