Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile

Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile


Faximile adalah perangkat komunikasi yang berfungsi untuk menyalin, mengirim, dan menerima dokumen melalui jaringan telepon. Faximile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Mesin faximile mulai digunakan pada awal abad ke-20 untuk mengirimkan dokumen-dokumen para penerbit surat kabar dari kantor pusat ke kantor cabang. Mesin faximile berkerja seperti gabungan antara telepon dan fotokopi.


http://gootex.blogspot.com/2015/09/perkembangan-teknologi-faksimili.html

Dengan menggunakan mesin faximile memungkinkan orang mengirimkan dokumen-dokumen dari satu tempat ke tempat yang lain dalam hitungan detik. Cara mengirimkan faximile adalah dengan meletakkan dokumen pada mesin kemudian menekan nomor telepon mesin faks penerima. Mesin faks akan secara otomatis men-scan dokumen dan menyimpannya dalam bentuk sinyal elektronik. Sinyal ini kemudian dikirimkan melalui jaringan telepon dan diterima oleh mesin faks penerima. Mesin faks akan mengubah kembali sinyal elektronik dan mencetaknya dalam kertas.

Kelebihan faximile adalah pada kemampuannya mengirimkan dan menerima data-data dalam bentuk teks tertulis. Data-data tersebut dapat dikirimkan dengan cepat dan langsung diterima. Sedangkan kekurangan faximile adalah mahalnya biaya yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan e-mail.
Jangan lupa Singgah juga untuk membaca artikel perkembangan teknologi.