Dec 9, 2016

Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio

Perkembangan Teknologi Radio


http://gootex.blogspot.com/2015/09/perkembangan-teknologi-radio.html
Radio
Radio adalah sebuah perangkat komunikasi dengan menggunakan media gelombang elektromagnetik. Walaupun perkembangan teknologi informasi mengalami kemajuan pesat, tetapi radio seakan masih memegang peranan penting sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi. Selain dapat mendengarkan musik dan berita, kita juga dapat berdiskusi mengenai topik-topik tertentu.

Peran radio diawali tahun 1909 setelah kapal S.S Republic bertabrakan dengan kapal lain di laut Atlantik. Kapal S.S Republic meminta bantuan dengan TIM SAR menggunakan radio. Dari peristiwa tersebut radio digunakan sebagai alat komunikasi nirkabel dari kapal ke kapal dan dari kapal ke pantai.
Radio bekerja dengan cara mengirimkan sinyal suara, kemudian di-modulasikan di sinyal radio. Sinyal suara tidak dapat mengirimkan langsung karena sinyal suara bukan gelombang elektromagnetik.

Beberapa teknik modulasi yang sering digunakan pada radio adalah sebagai berikut.

a.    Modulasi Amplitudo (Amplitude Modulation, AM)
b.    Modulasi Frekuensi (Frequency Modulation, FM)
c.    Modulasi Fase (Phase Modulation, PM)


Frekuensi gelombang FM mempunyai panjang gelombang lebih pendek dibandingkan AM sehingga dinilai lebih aman dari gangguan cuaca buruk maupun gangguan-gangguan yang lain. Oleh karena itu, gelombang FM menghasilkan suara dengan kaualitas yang lebih baik.

Sistem radio dibagi menjadi dua, yaitu pemancar dan penerima.


a.    Pemancar (transmitter) adalah bagian yang bertugas menyampaikan pesan dalam bentuk suara manusia, musik, dan mengubahnya menjadi gelombang kemudian mengirimkan melalui gelombang radio.

b.    Penerima (receiver) adalah bagian yang bertugas menerima gelombang radio yang dipancarkan oleh antena dan mengubahnya kembali menjadi seperti pesan yang dikirimkan oleh pemancar.

Kelebihan-kelebihan radio adalah sebagai berikut.

a.    Radio menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
b.    Termasuk Teknologi yang murah.
c.    Memiliki berbagai acara yang dapat dinikmati.

Kelemahan-kelemahan radio adalah sebagai berikut.
a. Merupakan komunikasi satu arah.
b. Radio hanya bersifat lokal karena peraturan frekuensi radio.
c. Di tempat-tempat tertentu radio tidak dapat diterima dengan baik.

Sekian penjelasan tentang Perkembangan Teknologi Radio