Dec 3, 2015

Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi


Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sejarah telah membuktikan bahwa ilmu pengetahuan membawa peru­bahan besar dalam bidang teknologi informasi bagi kehidupan manusia seperti yang telah di sampaikan pada artikel sebelumnya. Ilmu pengetahuan yang dianggap memengaruhi perkembangan teknologi informasi adalah fisika, matematika, dan kimia. Berkat usaha keras dari para peneliti, ilmu pengetahuan tersebut dikembangkan dan berhasil menciptakan suatu teknologi baru yang mem­berikan manfaat dan kemudahan dalam aktifitas kehidupan.
Peran teknologi informasi dan komunikasi sangat penting dalam penye­baran ilmu-ilmu tersebut. Dalam hal ini, tanpa adanya teknologi informasi dan komunikasi, manfaat ilmu yang dimaksud tidak dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Namun, ada pula dampak dari teknologi tersebut. Apa saja dampak positif dan negatif teknologi informasi dan komunikasi? Materi pada artikel ini akan membahas tentang dampak-dampak tersebut.
Setelah mempelajari materi artikel ini, anda diharapkan akan dapat menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari teknologi informasi dan komunikasi.
Perkembangan TeknologiTeknologi dapat dikatakan sebagai alat peubah, dengan penemuan tek­nologi akan secara otomatis mengubah tatanan sosial manusia di seluruh dunia. Akan tetapi, teknologi informasi dan komunikasi akan berdampak negatif apabila penggunaannya tidak bertanggung jawab, karena dapat rnenimbulkan bencana apabila digunakan tidak sesuai dengan semestinya. Misalkan saja kejahatan rnengalami banyak perubahan dengan adanya teknologi inforrnasi, para pelaku kejahatan menggunakan internet untuk Melakukan tindak peni­puan.

Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
Peranan Teknologi Informasi