Menjaga Keselamatan Perangkat Keras Komputer

 Keselamatan Perangkat Keras

Pada saat menggunakan komputer, seorang pengguna (user) harus memperhatikan pula keselamatan perangkat keras agar komputer dapat bekerja dengan maksimal.
Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam merawat komputer agar keselamatan perangkat-perangkat keras dapat terjaga.



a.


Sebisa mungkin tegangan listrik yang dikonsumsi komputer harus stabil. Tegangan listrik yang terlalu rendah dan terlalu tinggi, dua-duanya dapat merusak perangkat keras komputer. Oleh karena itu, gunakanlah stabilizer dan UPS untuk menjaga hal tersebut
b.



Hidup dan matikan komputer sesuai prosedur. Jangan sekali-sekali langsung mencabut kabel listrik komputer pada saat komputer sedang beroperasi, syarat ini juga mutlak berlaku untuk komputer "hang" sekalipun. Tindakan ini sangat berbahaya bagi kestabilan power supply komputer.
c. Komputer harus terhindar dari sengatan matahari secara langsung.
d.

Jangan menaruh gelas atau benda lainnya yang berisi air demi menghindari siraman air terhadap perangkat keras.
e.


Hindari menempatkan peralatan yang bersifat atau dapat menimbulkan magnet di sekitar komputer, karena ini akan mengacaukan monitor dan dapat merusak perangkat keras internal unit CPU.
f.

Secara berkala bersihkan bagian komputer dari debu yang melekat dengan menggunakan kuas cat, lap halus, dan alat penyemprot udara.
g.


Secara keseluruhan bersihkan bagian mainboard dengan menggunakan pompa udara untuk menghilangkan debu. Terutama pada bagian socket memory karena jika socket ini kotor/berdebu maka memory tidak akan bekerja maksimal
h Bersihkan heat sink dan fan cooler CPU dengan kuas halus atau pompa udara.
i.

Buka memory RAM dengan hati-hati dan bersihkan dengan lap halus terutama pada bagian kakinya.
j. Buka power supply dengan obeng dan bersihkan dengan hati-hati
k. Bersihkan semua port eksternal yang ada pada mainboard, terutama port USB.
l. Jika kalian menggunakan VGA card add on, bersihkan terutama pada bagian heat sink dari debu

Sebaiknya kalian hati-hati membuka perangkat keras terutama memory dan processor. Jika kalian ragu, cukup membuka penutup samping saja lalu mulai bersihkan.
Nah, sampai di sini sekarang komputer kalian akan jauh lebih aman.

Demikian Keselamatan Perangkat Keras Komputer yang harus di perhatikan oleh Pengguna Komputer (User), semoga ada manfaatnya.