Posisi Komputer yang Baik dan Benar agar Nyaman

  Perlu Diperhatikan Untuk Kenyamanan dan ketenangan dalam Bekerja


Pada saat bekerja dengan komputer, untuk mendapatkan kenyamanan maksimal kita juga harus mengatur posisi komputer dengan prosedur yang baik. Uraian berikut akan membahas satu persatu bagaimana mengatur bagian-bagian komputer agar memenuhi syarat K3.


Syarat komputer sesuai dengan K3 adalah sebagai berikut.
a.

Cukup tempat untuk menata posisi yang nyaman untuk CPU, monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku, dan piranti lainnya seperti telepon dan lain-lain.
b.

Atur meja dengan mempertimbangkan bagaimana perangkat mouse dan telepon pada posisi yang mudah dijangkau.
c. Atur pencahayaan ruang kerja secara optimal.
d.

Hindari lampu yang menyorot langsung ke monitor karena akan memunculkan pantulan di layar.
e. Usahakan posisi sejajar terhadap jendela, jangan berhadapan atau membelakangi.
f.


Buku, laporan, atau bahan cetakan yang dibutuhkan dalam bekerja dengan komputer sebaiknya diletakkan di dekat monitor. Bagaimana cara mengatur perangkat keras komputer? Pelajari uraian materi berikut dengan baik.
a.
Posisi Keyboard

Posisikan keyboard sehingga lengan dalam posisi rileks dan nyaman serta lengan bagian depan dalam posisi horisontal. Pundak dalam posisi rilaks, tidak tegang, dan terangkat ke atas. Pergelangan tangan harus lurus, tidak menekuk ke atas atau ke bawah.
Ketika mengetik tangan harus ikut bergeser ke kiri-kanan, sehingga jari tidak dipaksa meraih tombol-tombol yang dimaksud.
Posisi Keyboard

b. Posisi Mouse.

Tempatkan mouse dekat dan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga dapat diraih dan menggunakannya tanpa harus meregangkan tangan ke posisi yang berbeda.
Posisi Mouses
Pegang mouse secara ringan dan klik dengan tegas. Letak mouse yang terlalu jauh menyebabkan kita harus membungkuk dan menjulurkan tangan untuk meraihnya. Jika hal ini dibiarkan, maka dapat menimbulkan gangguan pada otot punggung dan lengan kita.
c. Posisi Monitor

Posisi layar monitor sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir pantulan cahaya dari lampu, jendela, atau sumber cahaya lainnya.
Atur monitor sehingga mata sama tingginya dengan tepi atas layar, sekitar 5-6 cm di bawah bagian atas casing monitor. Posisi monitor yang salah akan menyebabkan mata dan leher kita sakit. Monitor yang ditempatkan terlalu tinggi akan menyebabkan kita sakit otot leher. Apabila monitor ditempatkan terlalu rendah menyebabkan kita terlalu menunduk sehingga otot punggung menjadi sakit.
Pencahayaan monitor sangat berpengaruh pada mata. Tampilan layar monitor yang terlalu terang akan membuat mata kita cepat lelah.
 Posisi Monitor
d. Posisi Printer

Perangkat yang satu ini mungkin sering kita abaikan peletakannya, tetapi apabila kita salah meletakkannya akan menimbulkan kelelahan. Kelelahan ditimbulkan susah menambah kertas. 
Letakan printer yang di tempat yang mudah untuk di jangkau.
Posisi Printer
e. Posisi Meja dan Kursi.

Meja komputer yang baik adalah meja yang dilengkapi dengan laci untuk menempatkan keyboard dan mouse serta dilengkapi dengan sandaran kaki.Meja komputer yang sesuai dengan K3, yaitu mempunyai tinggi 55 - 75 cm atau disesuaikan dengan tinggi kursi dan tinggi badan penggunanya. Kursi yang baik adalah kursi yang dapat menempatkan paha dalam posisi horisontal dan punggung bagian bawah atau pinggang terdukung.
Jika kursi kurang dapat diatur, bagian bawah punggung dapat dibantu dengan diberi bantal. Telapak kaki harus dapat menumpu secara rata di lantai ketika duduk dan ketika menggunakan keyboard.
Posisi Meja dan Kursi

Nah Demikian Pengaturan Posisi Komputer Yang Baik dan Benar untuk membantu kenyamanan dalam bekerja dengan komputer semoga ada manfaatnya.