Apr 8, 2016

Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet

 Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
Dengan kemajuan dan perkembangan internet akan menimbulkan efek-efek negatif seperti berikut ini.

Kandungan Materi Informasi yang kurang sesuai.

Informasi berbau pornografi, kekejaman (sadisme), dan hal-hal yang tidak sesuai dengan budaya setempa akan sangat mudah ditemui. Hal itu di khawatirkan mempengaruhi morel para pengguna Internet, terutama para pelajar.

Informasi Palsu

Kapasitas dunia Internet yang selalu bertambah serta tidak adanya kontrol keabsahan materi informasi di situs-situs Internet mengakibatkan banyaknya informasi yang kurang dapat dipercaya terdapat di sana. Banyaknya berita bohong (hoak) menuntut kewaspadaan tinggi para pengguna Internet agar tidak mudah mempercayainya.

Kecanduan Hubungan Maya

Hal ini merupakan dampak yang melibatkan seseorang secara berlebihan untuk menjalin hubungan maya. Hubungan melalui internet biasanya berawal dari chat. Melalui chat, seseorang akan merasakan kecocokan sehingga memutuskan untuk menuangkan perhatian berlebih pada rekan chatnya. Bahkan, seseorang bisa melupakan dunia nyata gara-gara kecanduan chat.

Perjudian

Perjudian melalui internet ini dikenal dengan istilah net gaming. Net gaming merupakan sebuah keadaan yang sejenis dengan kecanduan judi. Misalnya, bermain game, berbelanja. Bahkan, melakukan kegiatan jual beli saham lewat internet yang mengganggu pekerjaan serta mengakibatkan kerugian yang menggiring orang bersangkutan pada cengkraman utang.

Informasi Berlebihan

Internet merupakan media yang menyediakan berbagai informasi secara lengkap. Apapun yang kita inginkan, ada di internet. Hal inilah yang membuat seseorang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetahui berbagai informasi yang tersedia. Informasi tersebut dikumpulkan serta diorganisasi sedemikian rupa hingga “melebihi” kapasitas daya tampung otak.

Kecanduan Komputer

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa beberapa organisasi mengalami dampak negatif akibat kecanduan games offline, seperti Tetris dan Solitaire yang terkenal pada era 1980-an, yang sudah diinstall dalam perangkat tiap komputer.

Maraknya Penipuan

Munculnya bentuk-bentuk penipuan dengan iming-iming berupa hadiah dapat merugikan pengguna Internet yang kurang waspada dengan tindak penipuan melalui Internet.
Hal-hal ditas bisa diakibatkan oleh aspek bisnis dari pemilik situs yang cenderung menghalalkan segala cara untuk menjual situs mereka tanpa mempertimbangkan aspek moral dan sportivitas.
Meskipun memiliki banyak kelemahan, oleh karena memiliki informasi yang sangat lengkap, Internet tetap merupakan pilihan utama sebagai media akses informasi global sekarang ini. Efek-efek negatif yang ditimbulkannya dapat diminimalkan dengan memberikan bekal pemahaman dan pengetahuan yang cukup kepada para penggunanya agar tidak mudah terpengaruh dan menjadi korban kriminalitas di dunia maya (cybercrime).

Penculikan

Banyak kasus pelaporan orang tua yang menyatakan bahwa anaknya diculik oleh seseorang yang dikenal melalui jejaring sosial. Ya. Internet memang mampu menghadirkan kerugian yang tidak terduga. Untuk mengantisipasi hal ini, usahakan agar tidak mempercayai seseorang yang dikenal lewat maya. Apalagi, jika mengajak bertemu.
Itulah beberapa dampak negatif internet yang tampak sangat kompleks. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghindari masalah tersebut, namun hal itu tidak menunjukkan hasil maksimal. Oleh sebab itu, janganlah terlalu berlebihan menempatkan diri dalam media informasi bernama internet ini.
Setiap media memiliki dampak baik dan buruk yang selalu beriringan. Kitalah yang harus pandai menyaring. Berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun pihak berkaitan untuk meminimalisasi dampak negatif internet tidak akan berguna tanpa kesadaran tiap individu pengguna internet.