Info dari Nasa tentang Bintik pada Matahari

Info dari Nasa tentang Bintik pada Matahari

Bintik pada matahari  berbentuk hati besar ditembak off kuat surya suar Minggu malam (17 April), sementara mengganggu komunikasi radio di Bumi.
 Bintik pada Matahari Tertangkap Video

Nyala api meletus pada waktu 20:29 EDT Minggu (0029 GMT pada hari Senin) dari bintik hitam pada matahari yang dikenal sebagai daerah aktif (AR) 2529, yang saat ini cukup besar untuk muat hampir lima Bumi di dalamnya. NASA Solar Dynamics Observatory pesawat ruang angkasa menangkap gambar video yang menakjubkan dari suar surya seperti yang terjadi.

Nyala api pada  Minggu di M6.7 pada klasifikasi bertingkat tiga ilmuwan skala digunakan. Dalam sistem ini, C flare adalah yang paling lemah, M flare adalah media-kekuatan dan flare X adalah yang paling kuat, flare X adalah 10 kali lebih kuat dari M flare, yang, pada gilirannya, adalah 10 kali lebih kuat dari C letusan. (Dan suar M6 adalah enam kali lebih kuat dari suatu peristiwa M1.)

Bintik matahari adalah daerah gelap di permukaan matahari yang sedikit lebih dingin dari daerah sekitarnya. Bintik matahari berfungsi sebagai launchpads untuk solar flare dan coronal mass ejections (CME), yang ledakan awan raksasa plasma surya ke ruang angkasa pada jutaan mil per jam. (Flares, r sebaliknya, adalah semburan radiasi sangat energik.).

AR 2529 telah menjadi obyek daya tarik baru bagi para astronom profesional dan amatir sama, namun pihak melihat adalah untuk mengakhiri.

"Sunspot ini telah berubah bentuk dan ukuran seperti itu perlahan-lahan membuat jalan di wajah matahari selama seminggu terakhir dan [a] setengah Untuk sebagian besar waktu itu, itu cukup besar untuk terlihat dari tanah tanpa perbesaran," pejabat NASA menulis hari ini (April 18) dalam deskripsi video flare baru . "Sunspot ini akan berputar keluar dari pandangan kita atas sisi kanan matahari hingga 20 April 2016."

Matahari memancarkan tingkat menengah solar flare: memuncak pada 8:29 EDT pada 17 April 2016. NASA Solar Dynamics Observaton/, yang jam tangan matahari terus-menerus, menangkap gambar dari acara tersebut. Solar flare adalah semburan kuat dari radiasi, radiasi berbahaya dari flare tidak dapat melewati atmosfer bumi secara fisik mempengaruhi manusia di bumi, namun - ketika cukup intens - mereka dapat mengganggu suasana di lapisan mana perjalanan GPS dan komunikasi sinyal.


NOAA Space Weather Prediction Center menyatakan bahwa 'pemadaman radio moderat yang diamati" selama puncak suar. Pemadaman radio tersebut hanya berlangsung selama flare, dan sehingga mereka telah sejak mereda. Ruang Prediksi Cuaca Pusat NOAA adalah sumber resmi pemerintah AS untuk prakiraan cuaca ruang, jam tangan, peringatan dan peringatan.

Nyala api ini diklasifikasikan sebagai nyala api kelas M6.7. flare M-cIass adalah sepersepuluh ukuran nyala api paling dahsyat, intens X-kelas. Jumlah tersebut memberikan informasi lebih lanjut tentang kekuatannya. Sebuah M2 adalah dua kali lebih dahsyat sebagai M1, M3 adalah tiga kali lebih kuat, dll

Nyala api ini berasal dari daerah aktivitas magnetik kompleks pada matahari - yang dikenal sebagai daerah aktif, dan dalam hal ini berlabel Active Region 2529 - yang telah memakai tempat gelap yang besar, yang disebut sunspot yang, selama beberapa hari terakhir, bintik pada matahari ini memiliki perubahan bentuk dan ukuran seperti itu perlahan-lahan membuat jalan di permukaan matahari selama seminggu terakhir dan setengah. Untuk waktu yang lama, itu cukup besar terlihat dari bumi tanpa pembesaran dan saat ini cukup besar bahwa hampir lima Bumi bisa muat di dalam, sunspot ini akan berputar keluar dari pandangan kita atas sisi kanan matahari hingga 20 April 2016. Para ilmuwan mempelajari bintik matahari tersebut dalam rangka untuk lebih memahami apa yang menyebabkannya kadang-kadang meletus dengan jilatan api matahari.
Goo Teknologi