Mengenal Tentang Planet Venus serta Pesawat Yang Pernah Singgah

Mengenal Tentang Planet Venus serta Pesawat Yang Pernah Singgah Di Sana

Planet Venus


Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari matahari. Planet ini mengitari matahari selama 224,7 hari bumi. Venus ini tidak mempunyai satelit yang alami. Dengan kecantikannya di namakan juga dengan dewi cinta oleh mitologi Romawi. Venus merupakan plate inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47.8 Derajat. Kecerahan dari planet ini dapat terlihat ketika menjelang terbit dan terbenam matahari.

Venus disebut juga planet kebumian dan kadang-kadang "planet saudara" Bumi disebabkan ukuran, gravitasi dan komposisi yang hampir sama. Planet ini terdekat dengan bumi serta memiliki ukuran yang hampir sama. 

Di planet ini tidak terdapat kehidupan, serta termasuk planet yang terpanas di Tata surya. Permukaan venus adalah bergurun kering yang diselingi oleh batuan yang diperbaharui secara periodik akibat dari aktivitas vulkanik.

Venus telah memikat imajinasi para asrtronom selama berabad-abad, dan eksplorasi era Perang dingin planet memberikan banyak pengalaman dalam sejarah luar angkasa.

Fakta yang menarik dari Planet venus :

  1. Venus merupakan planet kedua yang terdekat dari matahari. Jarak planet ini dari matahari sekitar 108.200.000 km (0,72 AU). dan orbitnya berada diantara orbit Merkurius dan bumi.
  2. Venus merupakan planet yang terbesar dalam urutan ke enam dari tata surya, yang memiliki diameter 12.103,6 km dan mempunyai massa kg 4.896e24 serta ukuranya sekitar 95% dari ukuran bumi.
  3. Venus merupakan planet kembaran bumi. hal ini dikarenakan ukurannya yang mendekati ukuran bumi. selain itu juga memiliki banyak komposisi kimia serta memiliki kawah yang menunjukkan usia yang relatif muda. Dengan kemiripan tersebut sebagian pengamat luar angkasa mempercayai adanya kehidupan yang tersembunyi di planet venus. Cuma sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan tanda-tanda adanya kehidupan di sana.
  4. Bumi dan Venus sama-sama memiliki kepadatan dan komposisi kimia. Keduanya memiliki usia yang boleh dibilang relatif muda berkisar di antara 300 sampai 500 juta tahun yang lalu.
  5. Pada masa kuno, Orang menganggap venus merupakan dua objek yang berbeda, bahkan orang jaman dahulu menyebutnya sebagai bintang pagi (Eosphorus) dan bintang malam (Hesperus).
  6. Permukaannya yang memiliki tekanan 90 kali lebih besar jika di bandingkan dengan bumi. Kebanyakan atmosfer Venus terdiri dari karbon dioksida, dan permukaannya tertutup pleh lapisan awan yang tebal yang mengandung asam sulfat.
  7. Rotasi venus selama 243 hari dan berevolusi mengitari matahari selama masa 225 hari. dengan Fakta itu menunjukkan bahwa 1 hari di Venus lebih panjang dibandingkan 1 tahunnya. Selain dari itu, rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi bumi, kalau di Venus matahari akan kelihatan terbit dari sebelah barat dan tenggelam di sebelah timur.
  8. Fitur di Venus bernama sesuai dengan nama perempuan.  Diantara nama-nama yang digunakan seperti Atalanta Planitia, Huinevere Planitia, Lavina Planitia, Ishtar Terra, Aphrodite Terra, dan Lakshmi Planum.
  9. Venus tidak ada Setelitnya. Pada tahun 1670-an hingga 1770-an, para astronom telah mengamati nampaknya menjadi satelis Venus dengan ukuran kira-kira 1/4 Venus. Berbagai teori muncul untuk menjelaskan penampakan tersebut termasuk karena ilusi optik, bintang dan bahkan planet kesepuluh.
  10. Sudah adanya pesawat ruang angkas yang telah singgah di Venus. Satelit ruang angkasa yang tidak memiliki awak yang telah singgah di venus yaitu Mariner 2, Pioneer Venus Orbiter & Pioneer Venus Bultiprobe (Pioner 12 & 13), serta Magellan. 
Peneliti NASA Lanley berkeinginan untuk mendapatkan informasi tentang planet Venus, sehingga mereka meluncurkan Pesawat Roket dengan 2 astronot selama 30 hari. Lihat Video berikut.


Demikian ulasan tentang planet Venus semoga dapat menambah wawasan pembaca Gootex.
Goo Teknologi