Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC

Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC


Pengganda tegangan adalah sirkuit di mana kita mendapatkan tegangan DC yang sangat tinggi dari pasokan tegangan AC Low, sebuah sirkuit tegangan multiplier menghasilkan tegangan di beberapa dari tegangan input puncak AC, seperti jika tegangan puncak tegangan AC adalah 5 volt, kita akan mendapatkan 15 volt DC pada output, dalam kasus Teaanaan Tripler sirkuit . Multimeter hanya membaca RMS (root mean tegangan) nilai tegangan AC, kita perlu kalikan nilai RMS ke 1,414 (root 2), untuk mendapatkan nilai Peak.


Umumnya transformator yang ada untuk langkah-up tegangan, tapi kadang-kadang transformator tidak layak karena ukuran dan biaya, sirkuit tegangan multiplier dapat dibangun menggunakan beberapa dioda dan kapasitor, maka mereka adalah biaya rendah dan sangat efektif dibandingkan dengan Transformers. sirkuit tegangan multiplier yang cukup mirip dengan rectifier sirkuit yang digunakan untuk mengkonversi AC ke DC, tapi sirkuit tegangan multiplier tidak hanya mengkonversi AC ke DC, tetapi juga dapat menghasilkan tegangan DC yang sangat TINGGI.

Sirkuit ini sangat berguna di mana tegangan tinggi DC perlu dihasilkan dengan tegangan AC rendah dan arus yang rendah diperlukan, seperti dalam oven microwave, (tabung sinar katoda) CRT monitor di TV dan komputer Monitor CRT membutuhkan tegangan DC tinggi dengan arus yang rendah.

Gelombang penuh Voltage Doubler


Seperti namanya menunjukkan, tegangan input akan dua kali lipat melalui sirkuit ini. Operasi ini tegangan gelombang penuh Doubler sangat sederhana:

Selama setengah siklus positif dari gelombang Sinusoidal dari AC, Diode D1 mendapatkan bias maju dan D2 mendapatkan bias terbalik, sehingga biaya kapasitor C1 melalui D1, dengan nilai puncak gelombang sinus (Vpeak). Dan selama setengah siklus negatif dari gelombang sinus, D2 adalah bias maju dan D1 dihormati bias, sehingga kapasitor C2 mendapatkan biaya melalui D2, untuk Vpeak.

Sekarang kedua kapasitor dibebankan Vpeak sehingga kita mendapatkan 2 Vpeak (Vpeak + Vpeak), melintasi C1 dan C2, tanpa beban terhubung. Hal ini telah dinamai penyearah gelombang penuh.


Setengah Gelombang Voltage Doubler Circuit

Sebelumnya kami juga telah menciptakan Voltaae Doubler sirkuit , dengan 555 dalam modus astabil dan sumber DC. Kali ini kita menggunakan 220v AC dan 9-0-9 transformator untuk mundur 220v AC, sehingga kami dapat menunjukkan Voltage Multiplier pada papan tempat memotong roti.

Selama setengah siklus positif pertama dari gelombang sinusoidal (AC), Diode D1 mendapatkan bias maju dan kapasitor C1 akan dikenakan biaya melalui D1. Kapasitor C1 akan dikenakan biaya hingga tegangan puncak AC yaitu Vpeak.

Selama setengah siklus negatif dari gelombang sinus, Diode D2 melakukan dan D1 reverse bias. D1 blok pemakaian kapasitor C1. Sekarang biaya kapasitor C2 dengan tegangan gabungan kapasitor C1 (Vpeak) dan puncak negatif dari tegangan AC yang juga Vpeak. Jadi biaya kapasitor C2 hingga 2Vpeak volt. Oleh karena itu tegangan kapasitor C2 adalah dua kali Vpeak dari AC.

Pada siklus positif berikutnya, kapasitor 02 dibuang ke beban, jika beban terhubung, dan akan diisi ulang dalam siklus berikutnya. Jadi kita bisa melihat bahwa itu akan dikenakan biaya dalam satu siklus dan habis dalam siklus berikutnya, sehingga frekuensi riak adalah sama dengan frekuensi sinyal input yaitu 50 Hz (AC Mains).


Tegangan Tripler Circuit

Untuk membangun tegangan Tripler sirkuit , kita hanya perlu menambahkan 1 lebih Diode dan kapasitor ke Half atas gelombang Voltage Doubler sirkuit menurut diagram sirkuit bawah.

Sebagaimana telah kita lihat di sirkuit teGanaan Douoler itu, di pertama yang positif setengah siklus kapasitor C1 akan dibebankan Vpeak dan dan kapasitor C2 dibebankan 2Vpeak di setengah siklus negatif.

Sekarang selama setengah siklus positif kedua, Diode D1 dan perilaku D3 dan D2 mendapatkan reverse bias. Dengan cara kapasitor ini C2 biaya kapasitor C3 sampai dengan tegangan yang sama seperti dirinya, yang merupakan 2 Vpeak.



Seperti yang telah kita membangun tegangan Tripler sirkuit dengan menambahkan satu dioda dan kapasitor di Half gelombang Tegangan sirkuit Doubler, lagi kita hanya perlu menambahkan satu lagi diode dan kapasitor untuk Tegangan Tripler sirkuit, untuk membangun sirkuit Tegangan Quadruple (4 kali tegangan input).

Kita telah melihat di tegangan Tripler sirkuit, bahwa kapasitor C1 dibebankan Vpeak setengah siklus positif pertama, C2 dibebankan 2Vpeak di setengah siklus negatif dan C3 juga dibebankan 2Vpeak di paruh kedua siklus positif.

Sekarang selama setengah siklus negatif kedua Diode D2 dan D4 melakukan, dan kapasitor C4 dibebankan pada 2Vpeak, oleh C3 kapasitor yang juga pada 2 Vpeak. Dan kami mendapatkan empat kali Vpeak (4Vpeak), seluruh C2 kapasitor dan C4, baik sebagai kapasitor pada 2 Vpeak.

Demikian sekedar Info dari Teknologi Elektronik Barang Kali ada manfaatnya juga.