Teknologi Informasi Bisnis di Era Globalisasi

Pengertian Teknologi Informasi telah diuraikan pada artikel terdahulu. Apa kaitan Teknologi Informasi Bisnis dalam menghadapi persaingan dizaman era globalisasi yang serba menggunakan berbagai teknologi canggih. Nah ikutilah rangkaian penjelasan dalam artikel dengan judul :
Teknologi Informasi Bisnis di Era Globalisasi
Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan bisnis erat kaitannya dengan hubungan antar komuninas manusia. Perkembangan dunia usaha yang berkembang dengan begitu pesatnya, mulai dari perkotaan sampai merambah pada pedesaan. Segala jenis macam jenis usaha (bisnis) bermunculan baik yang skala kecil, menengah hingga skala besar. Dengan pertumbuhan bisnis yang begitu pesat ini, tentu akan menimbulkan persaingan yang begitu ketat baik dari segi produk, kualitas maupun pelayanan terhadap konsumen.

Era Perdagangan Bebas tidak bisa dihindari. Indonesia sebagai negara yang mempunyai wilayah yang strategis baik secara geografis maupun ekonomi menjadi incaran target pasar bagi negara-negara dari belahan dunia. Dengan adanya pemberlakuan kawasan perdagangan bebas ASEN-China atau ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) yang berawal pada tahun 2010 yang lalu membuat semakin ketatnya persaingan serta ancaman dunia usaha teruma bagi bisnis yang berskala kecil dan menengah.

Untuk menyikapi hal tersebut perlu adanya strategi dan upaya yang dilakukan.Yang pertama sekali perlu pahami adalah menganggap Era Perdagangan Bebas bukanlah suatu hal yang menakutkan, tapi merupakan sebuah cambuk dan motivator agar pelaku bisnis lebih meningkatkan strategi dengan berbagai macam cara dan upaya yang kreatif, inovatif dan sinergis serta berkelanjutan.

Ada beberapa konsep strategi bisnis yang sederhana dalam mengembangkan bisnis yang anda geluti.
1. Analisis SWOT. Menganalisis faktor-faktor baik internal maupun eksternal dalam lingkungan bisnis yang dikelola. Hasil dari analisis inilah anda dapat mengambil langkah-langkah yang strategis untuk mengoptimalkan usaha dalam mencapai keuntungan. Dalam analisis SWOT dapat diketahui aspek Kekuatn (Strenghts), Kelemahan (Weakness), Kesempatan (Opportunities), dan Ancaman (Treathment) dari sebuah bisnis.

2. Marketing Mix 4P. Serangkaian tindakan dan upaya yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dalam meningkatkan penawaran produk, layanan dan yang tak kalang penting adalah kualitas produk kepada konsumen atau calon konsumen. Dalam hal ini meliputi : Product (Barang), Price (Harga), Place (Tempat) serta Promosi (Iklan).

Fungsi Teknologi Informasi Bisnis dalam Meningkatkan Pasar

Dalam hal promosi (iklan) ada dua media yang bisa digunakan yaitu media offline dan media online (Internet). Kedua media tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendongkrak penjualan dari sebuah produk. Perkembangan dunia internet terjadi begitu pesat yang merambah pada lapisan masyarakat paling bawah. Media internet sekarang ini menjadi popular seiring munculnya berbagai situs sosial media yang bisa mempertemukan orang dari belahan dunia manapun.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak sudah mencapai peringka delapan besar di dunia yang mempunyai potensi atau peluang besar dalam mempromosikan produk.

Pertumbuhan Teknologi Informasi yang pesat ini sudah merubah trend, metode dan strategi pemasaran dari konvensional (face to face) menjadi metode online yang lebih dikenal dengan Internet Marketing. Dengan Internet marketing sebuah informasi produk akan lebih cepat di sebarkan serta untuk mengaksesnyapun lebih mudah.

Bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis sudah merupakan suatu keharusan untuk beradaptasi dengan media online agar kelangsungan bisnis anda bisa bertahan dan merupakan suatu strategi usaha dalam menghadapi persaingan (kompetitor). Di samping itu dengan media online anda bisa mengembangkan bisnis yang anda geluti.

Sebagai contoh bagi anda dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Bisnis adalah Gojek. Dengan adanya aplikasi yang dengan memadukan aplikasi google map akan mempermudah pelayanan dibidang angkutan kepada penumpang. Kemana tujuan anda dan tarif sudah bisa langsung di lihat. Konsumen tidak perlu lagi datang ke pangkalan ojek, cukup pesan dari tempat dan gojekpun akan datang.

Nah demikian uraian singkat tentang Teknologi Informasi Bisnis di Era Globalisasi, ikuti terus blog kami untuk mendapatkan informasi seputar teknologi.