Dunia Digital, Analog, Google Maps, Melintasi Ruang Waktu, Lingkaran Tiada Ujung
Teknologi Digital
Dunia Digital Dalam Teropong Analog
oleh: DAHURI MUHAMMAD
Suatu ketika, sahabat saya yang bermukim di Berlin (Jerman) mengunggah foto satelit Google Maps yang menampilkan jalan masuk menuju rumah masa kecilnya di Brebes, Jawa Tengah. Entah karena ia sedang rindu pulang atau sekadar untuk mengakui betapa sempurnanya Google Maps memetakan setiap wilayah di seluruh pelosok bumi.
’’Bagai tak ada lagi yang luput dari intaian mata Google, bahkan hingga jalan setapak menuju kebun bawang tempat ayah bekerja saban hari atau sudut dapur tempat ibu menanak nasi saban pagi. Google Maps sudah memotret teliti sudut jalan kita. Ini jalan masuk ke rumah saya,” demikian kutipkan teks pendek dari laman media sosial kawan itu.
’’Bagai tak ada lagi yang luput dari intaian mata Google, bahkan hingga jalan setapak menuju kebun bawang tempat ayah bekerja saban hari atau sudut dapur tempat ibu menanak nasi saban pagi. Google Maps sudah memotret teliti sudut jalan kita. Ini jalan masuk ke rumah saya,” demikian kutipkan teks pendek dari laman media sosial kawan itu.
Melintasi ruang-waktu
Apa yang bertahun-tahun silam hanya dapat kita saksikan dalam tayangan film-film sains-fiksi, kini betul-betul telah mewujud nyata. Teknologi layar sentuh dan perintah suara (SIRI) yang dulu hanya dapat kita saksikan dalam film Minority Report (2002) karya Steven Spielberg, kini jadi bagian yang tak terhin-darkan dalam dunia keseharian kita. Demikian pula komputer tablet dan perangkat lunak seperti Skype, yang puluhan tahun lalu tiada lebih dari imajinasi Stanley Kubrick dalam film 2001: A Space Odyssey (1968), di kurun ini telah menjadi perkakas yang hampir bersekutu dengan tubuh setiap orang. Memiliki gawai di masa kini seperti punya pesawat radio pada tiga dekade lalu.
Riset panjang yang dilakukan Google sejak 2009 telah menciptakan perkakas transportasi darat tanpa pengemudi. Mobil dilengkapi sistem sensor digital berbasis peta visual alias Google Maps, Radar, Lidar (Light Detector and Ranging) yang memungkinkan ia mendeteksi tanjakan berliku, tikungan-tikungan berbahaya, jarak aman dengan kendaraan lain, pengguna sepeda, pejalan kaki, dan segala potensi kecelakaan di jalan raya.
Pemerintah AS menyambut baik kehadiran teknologi kelas berat itu dan kini sedang mempersiapkan regulasi yang relevan guna mempersilakan mobil-mobil auto pilot itu turun ke jalan mengantarkan para pemiliknya menuju kantor, berbelanja ke supermarket, dan berbagai keperluan keseharian. Pemerintah Inggris memperkirakan, mobil swakendara sudah dapat beroperasi secara massal pada 2020.
Bagaimana sebuah negara berdaulat mesti bersikap tatkala wilayah kekuasaannya bagai dikapling-kapling, lalu disensor digital guna memuluskan laju kendaraan swakemudi? Google tentu tak akan memancangkan rambu-rambu atau marka jalan di dunia nyata sebagaimana yang dilakukan dinas perhubungan, tapi memasang sensor pada peta visual yang lazim dikenal sebagai GPS.
Sistem komputer dengan basis teknologi interconnection juga ti-dak akan membuat klakson bising sebagaimana yang saban petang kita hadapi dalam kesemrawutan lalu lintas Jakarta. la hanya merancang keterhubungan ’ digital antarkendaraan otonom guna menghindari setiap penyebab kecelakaan.
Dalam keriuhan kabar tentang kembali berjatuhannya ’’korban” pasal karet UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), pikiran udik saya membayangkan: kelak jika mobil otonom sudah dijual bebas di Indonesia (di-tambali pula kegandrungan kita mengoleksi mobil pribadi), apa lagi faedahnya rambu-rambu dan marka jalan, UU Lalu Lintas, dan bapak ibu polisi lalu lintas yang budiman? Bagaimana masa depan sopir-sopir pribadi? Akan gu-lung tikarkah perusahaan-peru-sahaan asuransi? Selanjutnya, bagaimana caranya hukum me-ngatur aktivitas warga yang hampir semuanya telah dikemudikan dari medan digital? Masih mumpunikah risalah hukum dunia nyata dalam meringkus begundal-begundal dunia digital?
Atas berbagai persoalan serius hari-hari ini, dunia maya (khususnya media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenis-nya) ditunjuk atau ’’dikambinghitamkan” sebagai penyebabnya. Disebut-sebut pemerintah sedang melakukan kajian mendalam tentang akibat-akibat masif-nya. Namun, sepanjang negara masih melihat dunia digital dengan teropong analog dan cara berpikir manual, lalu mengadang keliaran yang terus bergentayangan itu dengan UU konvensional, maka keamanan di jagad maya dengan rupa-rupa soal yang diperbincangkan tiada bakal terbendung.
Di media sosial, aktivitas belanja celana dalam di mal kemarin petang atau keributan kecil dengan tetangga sebelah rumah lantaran kucing piaraannya menerobos masuk dapur, misalnya, dengan gampang jadi pergunjingan ramai: jadi konsumsi publik. Hal-ihwal pribadi menjadi santapan banyak orang. Sebaliknya, urusan publik menjadi sekadar urusan seorang.
Barangkah di sanalah pangkal soalnya. Puji dan maki, ikhlas dan dengki, sabar dan amuk, senan-tiasa berputar dalam lingkaran setan yang tiada ujungnya. Ber-tengkar, damai, bertengkar lagi, begitu seterusnya. Bersetuju, menyangkal, bersetuju kembali. Memfitnah, insaf, minta maaf, memfitnah kembali. UU ITE dan edaran hate speech ujaran kebencian hanya mampu meringkus segelintir pelaku, itu pun setelah terjadi kasus-kasus besar, seperti demonstrasi anarkistis, konflik SARA dan semacamnya. Bagaimana dengan ribuan bahkan jutaan akun yang hampir setiap aktivitasnya adalah hasutan, provokasi, dan perang hoax?
Apabila negara benar-benar ingin melakukan intervensi, hadirlah di dalam dunia digital itu sendiri. Pancangkan infrastruktur digital di mana ada kedaulatan negara di situ. Jago-jago teknologi informasi melimpah ruah di republik ini. Mereka siap bekerja untuk itu. Pengawasan, sanksi, bahkan pengadilan, dapat digelar secai'a digital. Apabila ada yang melanggar, misalnya mengumbar ujaran kebencian atau mengunggah pernyataan adu domba secara otomatis sistem akan menghapusnya, lalu menjatuhkan sanksi awal dengan mengunci akun misalnya.
Risalah UU ITE, kitab ujaran kebencian, dan ancaman blokir situs, hanya perkakas manual yang hendak mengatasi persoalan di dunia nyata, padahal sumbernya berasal dari ruang digital. Alam maya tak bisa sama dan sebangun dengan alam kasat mata. Dunia digital tak bisa diringkus, apalagi dikuasai oleh cara berpikir analog.
DAMHURI MUHAMMAD Sastrawan; Alumnus
Pascasarjana Filsafat UGM
Sumber : Kompas
Temukan Teknologi Yang Anda Cari di Sini Aja