Notebook, Switch Alpha 12 S, Sistem Liquid Loop

Notebook Tanpa Kipas "Switch Alpha 12"

Meski pasar laptop kurang bergairah saat ini, namun segmen pasar laptop 2-in-l terus tumbuh. Bahkan kini tren pasar notebook di Indonesia mengarah pada jenis notebook yang sering disebut hybrid ini. Hal ini dikarenakan laptop 2-in 1 memiliki fungsi ganda, yakni sebagai notebook dan tablet yang layarnya bisa dilipat ke belakang atau dilepaskan dari keyboard.
Di Tanah Air, saat ini semakin banyak vendor yang terjun di kategori ini. Untuk kelas premium, kelihatannya Acer akan memberikan tantangan berat kepada para kompetitor dengan menghadirkan notebook hybrid premium mereka, Switch Alpha 12. Notebook tersebut diklaim, sebagai laptop 2-in-1 dengan sistem pendingin tanpa kipas bernama Liquid Loop.

Sebelum masuk ke Indonesia, Notebook 2-in-1 tanpa kipas pertama di dunia ini untuk pertama kalinya diperkenalkan dalam sebuah acara di New York, Amerika Serikat, April lalu. Lalu bagaimana cara kerja Sistem Liquid Loop dalam mendinginkan Acer Switch Alpha 12?

Sistem pendingin Liquid Loop sendiri terdiri dari pipa logam yang disusun mengelilingi prosesor dan tersambung dari satu ujung ke ujung lain (loop). Bagian dalam pipa ini berisi cairan khusus yang bei .ungsi sebagai penghantar panas dari prosesor. Cara keijanya, panas ditransfer dari prosesor lewat heatpipe ke sistem Liquid Loop.
Notebook Tanpa Kipas "Switch Alpha 12"

Panas ini membuat cairan di dalam Liquid Loop menguap.


Uap cairan beijalan mengelilingi pipa layaknya uap air. Sepanjang jalan, uap tersebut mendingin dan kembali berubah menja-di cairan (kondensasi).

Uap yang telah menjadi cairan itu lantas terkena panas dari prosesor dan kembali mengulangi proses di atas.

Presales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, dalam sesi hands-on di Jakarta, seperti dilansir Kom-pasTekno, Kamis (11/8) lalu, menjelaskan, “Cara kerja sistem Liquid Loop mirip pendingin air pada kendaraan bermotor. Hanya saja, cairan yang digunakan memiliki titik didih lebih rendah dari air sehingga bisa menguap di    suhu    kurang dari

100 derajat Celsius dan tidak membutuhkan radiator untuk melepas panas. Switch Alpha 12 pun bisa beroperasi dengan senyap.” “Saya sendiri tak tahu jenis cair-annya apa. Tapi ini dijamin aman karena antibocor,”
Acer Switch Alpha 12 menggunakan layar berukuran 12 Inci dengan panel IPS dan resolusi QHD 2.160 x 1440 piksel dan telah di dukung mode pengoperasian layar sentuh serta dilengkapi aksesori stylus (256 tingkat kekuatan tekanan) yang bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di layar. Acer juga turut membenamkan beberapa fitur konektivitas berupa 802.11 AC dan Bluetooth v4.
Ada juga keyboard yang menempel dengan engsel magnetik ke sisi bawah Switch Alpha 12 dan bisa dilipat seperti aksesori cover pada perangkat tablet. Keyboard ini memiliki tombol-tombol full size dan fitur backlight untuk membantu pengetikan di kondisi kurang cahaya.
Soal ferforma, terdapat dua pilihan prosesor yang bisa dipilih. Pertama menggunakan prosesor Intel Core I7 6500U dengan storage SSD 512 GB dan memory RAM 8GB yang dibanderol dengan harga 19.900.000. Sedangkan varian lainnya menggunakan storage SSD 256 GB dan memory RAM 4 GB dibanderol dengan harga Rp. 13.799.000,0
Notebook Tanpa Kipas "Switch Alpha 12"
Temukan Teknologi  Yang Anda Cari di Sini Aja