Aug 13, 2016

Teknologi Gadget Terbaru "Iris Scanner"

Iris Scanner Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya

Iris Scanner Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya

Saat Samsung meluncurkan Samsung Galaxy Note 7 beberapa hari yang lalu, salah satu fitur yang diperkenalkan adalah ‘iris scanner' Iris scanner merupakan bagian dari proteksi keamanan pada perangkat dengan menscan bola mata. Seperti apakah dan bagaimana cara kerjanya, berikut sedikit ulasannya.

Iris scanner sebenarnya merupakan bagian dari ‘biometric’. Jadi sebelum kita membahas iris scan, kita akan mengulas biometric. Biometric berasal dari kata ‘bio’ dan ‘metric’. Kata bio diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya ‘hidup’ sedangkan ‘metric’ juga berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti ukuran. Jadi bisa disimpulkan ‘biometric’ berarti pengukuran hidup.

Biometric

Secara garis besar ‘biometric’ merupakan pengukuran dari statistik analisa data biologi yang mengacu pada teknologi untuk menganalisa karakteristik bagian tubuh. Biometric dapat disebut pendeteksian dan pengklasifikasian dari atribut fisik.

Terdapat beberapa teknik biometric, diantaranya pembacaan sidik jari atau telapak tangan, geometri tangan, pembacaan retina atau iris, pengenatan suara dan dinamika tanda tangan.

Sebelum dikenal istilah iris scan, aplikasi keamanan hanya mengenal istilah retina scan. Retina scan digunakan untuk mengakses area sensitif seperti instalasi militer, pembangkit tenaga listrik dan sebagainya.

Menurut NASA retina scan mempunyai kemampuan dalam menjaga keamanan mereka, dibandingkan dengan finger scan. Retina scan dianggap lebih maksimal karena sel saraf mata seseorang tidak akan berubah kecuali mereka yang terkena katarak.

Apa perbedaan iris dan retina dalam dunia kedokteran atau dunia organ tubuh manusia? Iris merupakan jaringan berwarna yang membentuk cincin, menggantung di belakang kornea dan di depan lensa. Iris mengatur jumlah cahaya yang masuk dengan cara membuka dan menutup (merubah ukuran pupil), seperti halnya celah pada lensa kamera. Apabila lingkungan di sekitar gelap maka cahaya yang masuk akan lebih banyak, sementara jika lingkungan di sekitar terang maka cahaya yang masuk menjadi lebih sedikit.

sedangkan Retina merupakan lapisan jaringan peka cahaya yang terletak di bagian belakang bola mata. Retina berfungsi mengirimkan pesan visual melalui saraf optikus ke otak.

Retina mengandung saraf-saraf cahaya dan pembuluh darah. Bagian retina yang paling sensitif adalah makula, yang memiliki ratusan ujung saraf. Jumlah ujung saraf yang terlalu banyak menyebabkan gambaran visual yang tajam. Retina mengubah gambaran tersebut menjadi gelombang listrik yang dibawa oleh saraf optikus menuju ke Otak.

Biometric


Cara Kerja Retina Scan

Sebelumnya, penggunaan retina scan dianggap rumit karena sifat ketidaksempurnaan dari analisis biometric. Ketika melakukan retina scan, si pengguna memusatkan mata pada satu titik sampai ada cahaya infra red yang memaparkan cahaya ke mata si pengguna dan secara otomatis memverifikasi identitas si pengguna.

Cara Kerja Retina Scan
Pemilik retina scan ditugaskan untuk memelihara mata mereka sesuai dengan prosedur yang telah disepakati oleh pemilik retina scan. Pemilik retina scan seringa kali melupakan bahwa dia harus menjaga selaput matanya. Jika tidak, bisa menimbulkan problem yang fatal.

Cara Kerja Iris Scan

Sebenamya Samsung bukanlah vendor pertama yang menggunakan sistem keamanan biometic. Fujitsu, Alcatel dan ZTE telah menggunakannya. Cara kerja dari iris scan ini sebenamya cukup mudah. Samsung meletakkan LED infra red di kamera depan yang nantinya menscan mata Anda. Mata Anda harus berjarak selangkah jauhnya dari ponsel (ponsel akan mengarahkan Anda dengan view finder). Jangan khawatir, Anda tidak akan dikagetkan dengan cahaya yang akan menembak mata Anda seperti halnya pada retina scan.

Cara Kerja Iris Scan
Samsung mengatakan teknologi ini tetap mampu membaca mata Anda meskipun Anda menggunakan kaca mata atau lensa kontak. Namun saat demonstrasi kaca mata diminta untuk dilepas.

Patently Mobile mengungkapkan bagaimana paten Samsung terbaru melakukan iris scan dan perangkat apa saja yang mendukungnya. Teknologi ini nantinya bakal diterapkan pada banyak perangkat mulai dari laptop, smartphone, perangkat wearable, perangkat loT, kamera digital dan lainnya.

Sistem pengenalan iris menggunakan 3 lensa untuk menangkap sinyal. Berdasarkan paten tersebut, sistem pengenalan iris menggunakan 3 lensa untuk menangkap sinyal, kemudian mengecek iris dari pengguna dengan menggeneralisasi image dan informasi lainnya. Informasi lainnya tersebut termasuk juga wajah dari si pengguna.

Teknologi Gadget Terbaru "Iris Scanner"