Oct 2, 2016

Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika

Sumberdaya Usaha Alat Elektronika Praktis


Jenis alat elektronika praktis sangat beragam. Produk elektronik tgrsebut menjadi komoditas yang berpotensi besar untuk menjadi usaha yang besar. Seperti yang kita ketahui merk alat elektronika praktis apa saja yang dipasarkan ada di Indonesia.

Sebelum mengetahui tentang cara membuat alat elektronika praktis, tambahlah wawasan anda tentang sumberdaya usaha alat elektronika praktis dengan membaca kutipan berikut ini dengan cermat.

Keindahan Layar LED Raksasa


LED (Light Emitted Display) memancarkan cahaya karena menggunakan dopping galium, arsenic dan phosporus yang merupakan salah satu jenis dioda, sehingga hanya akan mengalirkan arus listrik satu arah saja dengan cahaya bias.
Teknologi LED kini telah banyak digunakan seperti pada layar handphone, televisi, dan komputer. Bahkan teknologi ini juga dimanfaatkan untuk mendukung visualisasi sebuah pertunjukan maupun iklan. Bila dicermati banyak baliho atau papan iklan di Indonesia yang telah diganti dengan layar LED. Layar LED raksasa juga banyak ditemui di kota-kota besar dan negara berkembang. Guna menarik perhatian masyarakat, iklan ditampilkan dalam layar yang besar dan terasa lebih dekat pada masyarakat.

Penggunaan layar LED Burhan menuturkan, produk lampu LED pada area publik tentunya harus sesuai dengan standar keselamatan internasional dari International Organization for Standarization (ISO) dan telah menggunakan filter yang sesuai dan tidak merusak kesehatan mata yang melihat.

Setelah membaca kutipan artikel tersebut diatas wawasan apakah yang anda dapatkan? LED merupakan salah satu komponen yang sering digunakan pada alat elektronika praktis. LED mampu memancarkan cahaya bias dengan daya sumber listrik. Cahaya atau gambar yang dihasilkan oleh layar LED tergantung dari resolusi. Resolusi adalah jumlah piksel yang menyusun sebuah layar. Semakin banyak jumlah piksel, semakin tajam gambar yang ditampilkan.

Jika anda telah memahami salah satu sumberdaya usaha alat elektronika praktis berdasarkan artikel tersebut. Agar kamu lebih memahami lebih mendalam mengenai alat elektronika praktis, lakukanlah Kegiatan berikut!
Judul Kegiatan : Berlatih Mengenai Peralatan Elektronika
Jenis Kegiatan : Kerja Kelompok
Tujuan Kegiatan : Peserta didik dapat menyebutkan dan menjelaskan alat-alat elektronika dengan tepat.
Langkah-langkah kegiatan sebagai berikut.
1. Bentuklah kelompok dengan teman sekelasmu yang terdiri atas 3-4 orang!
2. Kunjungilah laboratoriiim fisika yang ada di sekolahmu pada saat jam pelajaran Prakarya dengan tertib!
3. Amatilah berbagai ajat atau komponen elektronika yang terdapat di laboratorium tersebut!'
4. Bertanyala kepada gurumu mengenai peralatan atau komponen elektronika yang kelompokmu temukan!
5. Carilah informasi tentang peralatan atau komponen elektronika tersebut pada buku, majalah, maupun di google!
6. Berdasarkan data yang anda dapat, buatlah 1aporan mengenai masing-masing peralatan atau komponen elektronika yang kamu amati!
7. Setelah selesai, presentasikan laporan kalian di depan kelas dan bandingkan hasilnya dengan kelompok lain!
Setelah kamu melakukan Kegiatan tersebut maka sudah tentu anda semakin tahu tentang sumberdaya proses produksi alat elektronika praktis.

Berikut akan dijelaskan tentang sumberdaya proses produksi alat elektronika praktis.
1. Identifikasi Kebutuhan Usaha Alat Elektronika Praktis

Perlu diketahui tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat elektronika praktis. Bahan pembuatan alat elektronika praktis terdiri dari bahan utama dan pendukung. Pada pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED terdapat bahan utama yang terdiri dari komponen utama dan tambahan dengan penjelasan seperti berikut.

a. Komponen Utama


1) IC 4017



IC 4017
IC 4017 termasuk salah satu IC 16 pin CMOS decade counter dengan seri IC CMOS 4000. Input pulsa clock yang dibutuhkan pada pin clock input akan membuat salah satu dari sepuluh pin output "menyala/aktif" secara berurutan pada tiap perubahan pulsa clock.



2) IC 555



IC 555
IC 555 adalah sebuah IC yang digunakan untuk pembangkit pulsa yang dapat diatur mode kerjanya, sehingga dapat digunakan sebagai timer dan multivibrator. Pada IC ini biasa disebut dengan "The IC Time Machine”.


3) Resistor



Resistor
Resistor adalah komponen yang digunakan untuk membatasi arus yang mengalir dalam suatu rangkaian selain itu sebagai pembagi arus, pembagi tegangan, dan penurun tegangan. Resistor yang digunakan fixed resistor dan variabel resistor (VR). Pada fixed resistor mempunyai ukuran yang tetap, sedangkan variabel resistor (VR) termasuk resistor yang ukurannya dapat diubah-ubah.


4) Kapasitor



Kapasitor termasuk komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Cara yang digunakan kapasitor untuk menyimpan muatan listrik dengan mengumpulkan keseimbangan internal dari muatan listrik.


5) LED (Light-Emitting Diode)



LED adalah salah satu komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monoromatik ketika diberi tegangan maju.


6) Dioda



Dioda
Dioda adalah komponen elektronik yang berjenis komponen aktif yang digunakan sebagai komponen penyearah. Susunan dioda terdiri dari kutub positif (+) dan negatif (-).


7) Software/Aplikasi Eagle



Software/Aplikasi Eagle
Software/aplikasi eagle adalah software yang digunakan untuk mendesain sebuah rangkaian elektronika kedalam sebuah papan projek yang biasa di sebut PCB (Printable Circuit Board).


b. Komponen Tambahan
1) Baterai 9V

Baterai 9V
Baterai termasuk salah satu contoh power supply dengan tegangan dan ukuran yang relatif kecil. Pada baterai terdapat kutub positif (+) dan kutub negatif (-). Pemasangan kutubnya tidak boleh terbalik, karena bila terbalik maka tidak akan dapat bekerja baterainya.
2) Socket IC

Socket IC
Soket IC adalah salah satu alat yang digunakan untuk meaghubungkan IC dengan PCB dan memiliki jumlah kaki yang bermacam-macam. Fungsi dari soket IC adalah untuk melindungi IC dari panasnya solder, dan untuk memudahkan penggantian IC bila, terjadi kerusakan.
3) Kabel serabut ± 7cm

Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian dengan rangkaian lainnya. Termasuk kabel yang ki4at dan tidak mudah putus dibandingkact dengan kabel tipe tembaga tunggali.
4) PCB (Printed Circuit Board)

PCB (Printed Circuit Board)
PCB termasuk papan rangkaian yang terbuat dari bahan isolator dengan permukaan yang dilapisi tembaga. Penggunaan PCB sebagai tempat pemasangan dan penghubung komponen elektronik.
5) Larutan FeCl3 (Fern Chloride)

Larutan FeCl3 (Fern Chloride)
Larutan FeCl3 digunakan untuk melarutkan tembaga yang menempel pada PCB.
6) Kertas Gosok/amplas

Kertas Gosok/amplas
Kertas gosok berfungsi untuk mengikis bagian terluar tembaga yang berkarat atau tertutup debu. Karat pada tembaga menyebabkan tinta dan timah tidak dapat menempel dengan sempurna pada permukaan tembaga.
7) Rugos Elektro

Rugos Elektro
Rugos berfungsi untuk memberi tanda elektronika pada PCB. Gambar rugos memiliki pola seperti rangkaian elektronika.


Setelah mengetahui komponen utama pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED. Sekarang akan dibahas tentang bahan pendukung yang dibutuhkan dalam pembuatan alat elektronika praktis yaitu running LED, yaitu di antaranya:

a. Solder


Solder
Berfungsi untuk melelehkan timah. Solder berbentuk pensil dan berbentuk pistol. Pada solder pistol terdapat dua macam tegangan yaitu posisi standby dengan tegangan kecil yang stabil dan solder dengan tombol yaitu tegangan menjadi maksimum saat ditekan.

b. Tang potong


Tang potong
Digunakan untuk memotong/mengupas kabel pada kaki-kaki yang terdapat komponen elektronika yang terlalu panjang.

c. Sedotan timah


Sedotan timah
Sedotan timah digunakan untuk menyedot timah dari tempat yang akan dicabut komponennya untuk diganti atau menghilangkan patrian.

d. Cutter


Cutter
Digunakan untuk memotong komponen alat elektronika praktis yaitu running LED.

e. Timah patri


Timah patri
Berbentuk kawat berfungsi untuk mematri komponen. Bahan patri yang baik berjenis alloy yang terdiri dari bahan perak dan timah. Selain timah patri terdapat pasta patri yang digunakan untuk memudahkan patri menempel pada komponen elektronik serta mencegah oksidasi pada waktu barang yang dipatri dipanasi.

f. Setrika


Setrika
Setrika digunakan sebagai alat sablon mini pada proses pembuatan PCB. Suhu yang stabil pada setrika dapat mempengaruhi hasil akhir pada pembuatan PCB.

g. Spidol Permanen


Spidol Permanen
Berfungsi untuk mempertebal jalur rangkaian selain itu tintanya tidak mudah luntur dan tahan lama.

h. Bor Listrik


Bor Listrik
Berfungsi untuk melubangi komponen yang sebelum disusun menjadi sebuah alat elektronika praktis.
2. Sumber Daya Usaha Alat Elektronika Praktis

Setelah mengenai alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat running LED, berikut adalah sumberdaya usaha alat elektronika praktis berupa running LED.

a. Man


Tenaga manusia yang diperlukan yaitu antara lain orang yang memahami, terampil, dan ahli dalam membuat alat elektronika praktis.

b. Materials


Bahan dan alat yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan sebelumnya perlengkapan membuat alat elektronik praktis.

c. Machine


Mesin yang digunakan seperti mesin pembuat perangkat komponen dan pembuatan case guna kemasan penjualan produk.

d. Methods


Metode dan langkah kerja membuat rangkaian listrik dan komponen produksi telah ditentukan oleh pembuat sebelum memulai produksi. Perhitungkan pula faktor keselamatan proses produksi Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

e. Money


Pada umumnya alat elektronika praktis merupakan alat canggih yang cepat berkembang. Maka diperlukan modal yang besar untuk menciptakan alat elektronika praktis dalam jumlah besar.

f. Markets


Pemasaran produk alat elektronika praktis harus disesuaikan dengan" calon konsu men. Faktor usia, keinginan, geografis, dan lingkungan sangat mempengaruhi pemasaran alat tersebut.