Tes Realme 5i, Desain Layar 6.5 Inci "Mini Drop", OS, Antarmuka, dan Security, Quad-Camera 12 MP, Snapdragon 665

Tes Realme 5i


"Mengawali kiprahnya di 2020, realme memboyong smartphone terbarunya ke Tanah Air. Adalah realme 5i, smartphone kelas menengah yang siap menjajaki ketatnya persaingan pasar ponsel Indonesia. Sebagai pendatang baru, smartphone yang dijuluki sang pembesut sebagai 'Quad Camera Battery King' ini membawa sejumlah penyegaran. Tidak hanya pada tampilannya saja, tetapi juga fitur-fitur yang di tawarkan".


Nah, mau tahu lebih jauh soal realme 5i? Nggak usah nunggu lama-lama, pada kesempatan ini akan diulas secara panjang lebar pada artikel ini.

Desain


Ada sentuhan berbeda yang ditawarkan realme pada smartphone anyarnya ini. Alih-alih mengadopsi panel belakang berpola diamond geometris, yang cukup ikonik, realme 5i mengusung 'Sunrise Design' yang diklaim terinspirasi oleh kekuatan dan harapan yang dibawa oleh sinar matahari saat terbit.

Singkat kat, realme 5i diracik panel belakang 'bergerigi' halus. Guratan halus tersebut diproses oleh mesin pat radium presisi lima sumbu Jerman yang terkemuka di industri. Dengan 600 menit pemolesan, hasilnya realme 5i menyajikan pengalaman visual yang menakjubkan. Dalam hal ini, realme 5i datang dengan dua pilihan warna atraktif, yakni Ocean Blue dan Forest Green. Tidak hanya apik secara visual, guratan halus di panel belakang realme 5i, membuat smartphone sangat nyaman ketika digenggam, terasa solid, dan tidak licin.

Bodi realme 5i diklaim mengadopsi desain tahan air yang jarang ada di segmennya, menyediakan tiga lapisan tahan percikan dari dalam ke luar. Lapisan pertama, Lem yang mengeluarkan desain tahan percikan. Mengingat banyak komponen terintegrasi dalam smartphone, tanpa desain tahan percikan, komponen-komponen penting ini memiliki resiko terekspos. Desain tahan percikan dari lem yang diadopsi oleh realme menempatkan semua komponen di bawah perlindungan khusus.
Lapisan dua, desain cangkang karet tahan percikan. Lubang dan celah pada ponsel sangat penting dalam desain tahan percikan. Perlakukan tahan percikan air untuk jack handphone dan port USB adalah bagian integrasi dari keseluruhan smartphone tahan percikan air. Di realme, selongsong karet digunakan untuk menutup semua lubang ini, yang dapat mencegah perembesan cairan.

Adapun lapisan tiga adalah desain cincin tahan percikan. Selain lubang, celah juga penting dalam desain tahan percikan. realme 5i menyegel slot kartu SIM, penutup baterai, konektor komponen dan celah lainnya dengan cincin busa tahan percikan, sehingga tidak ada cairan yang dapat meresap ke dalamnya.
Berbekal desain multi-layer tahan percikan air ini, realme 5i dapat menahan kelembaban dalam kegidupan sehari-hari seperti hujan, percikan air, dan percikan cairan lainnya, sehingga secara signifikan mengurangi risiko kerusakan serius pada ponsel jika terjadi keadaan darurat.

realme 5i memiliki bodi berdimensi 164,4 x 75 x 9,3 mm dengan bobot 195 gram. Secara keseluruhan, bodi smarphone dikemas dengan build quality yang sangat baik. Dari sisi desain, smartphone ini tidaklah mengecewakan.

Layar 6.5 Inci "Mini Drop"


Bisa dibilang dari sektor displai, realme 5i sejatinya tidak memiliki perbedaan signifikan dibanding para pendahulunya yang mengusung layar penuh dengan notch ala tetesan air semisal realme 3 atau ponsel realme lainnya.

Hanya saja, realme 5i yang dikemas dengan layar 6.5 inci kini sudah tampil lebih baik, lantaran memiliki notch 'tetesan air' yang sudah lebih kecil atau berkurang 30,9% jika dibandingkan dengan realme 3. Sehingga layar 'mini-drop' yang diusung realme 5i menyajikan rasio layar ke bodi mencapai angka 89%. Dengan bidang pandang yang lebih luas, smartphone ini pun menyajikan pengalaman yang lebih baik untuk berbagai aktivitas, seperti untuk main game, menonton video, dan sebagainya.

Layar 6.5 inci pada realme 5i tersaji dengan aspek rasio 20:9. Hal ini, berpengaruh pada tampilan smartphone yang terlihat memanjang dengan bezel tips yang mengelilinginya. Layar realme 5i menawarkan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel), sehingga dengan ukuran 6.5 inci, smatphone ini mampu memancarkan konten dengan kepadatan mencapai 269 ppi. Untuk jenis layar yang digunakan adalah IPS LCD.

Berbekal layar dengan ukuran lapang beresolusi HD+ dengan teknologi IPS LCD, tampilan layar secara keseluruhan sangat baik. Konten terlihat jelas dan tajam dengan sudut pandang yang cukup luas. Sisi responsive layar juga sangat baik dan sudah mendukung akses multi-touch hingga 10 titik secara bersamaan. Apiknya lagi, Layar realme 5i juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Lapisan pelindung ini tidak hanya memberikan proteksi lebih untuk layar dari goresan, tetapi juga membuat permukaan layar menjadi terasa kinyis-kinyis dan enak ketika disentuh.
Seperti biasa untuk mendapatkan tampilan layar sesuai keinginan, ini apabila versi default dianggap kurang pas bagi pengguna, kita bisa menuju menu Setting > Display & Brightness. Di sini tersaji sejumlah fasilitas yang bisa kita atur untuk mendapatkan tampilan sesuai keinginan. Berturut-turut di halaman ini terdapat sejumlah menu antara lain Auto Brightness, Screen Color Temperature Adjusment, Auto rotate, Auto Screen Off, Font Size, Full Screen Display, dan Night Shield.


Di realme 5i terdapat Screen Battery Optimization Mode yang berfungsi menghemat daya layar menggunakan CABC (Content Adaptive Backlight Control) untuk secara dinamis menyesuaikan rasio kontras layar (tidak termasuk "kamera" dan "album foto") untuk meningkatkan masa pakai baterai smartphone. Fitur ini akan mengurangi kecerahan sambil mempertahankan kualitas gambar, sehingga mengurangi konsumsi daya layar untuk meningkatkan masa pakai baterai hingga 10%.

Adapun fasilitas lain yang juga cukup menarik, terutama bagi pengguna yang kurang sreg dengan tampilan homescreen versi default di mana ikon menu tersaji 5 x 6, kita dimungkinkan untuk mengubahnya menjadi 4 x 6. Caranya cukup akses Setting > Homescreen & Lock Screen Magazine > Homescreen Layout.

OS, Antarmuka, dan Security


Tidak hanya bodinya saja yang baru, dari sisi software realme 5i juga sudah mengusung UI terbaru khas pabrikan, yakni ColorOS 6.1 terbaru yang berjalan di atas sistem operasi Android 9 Pie. ColorOS 6.1 terbaru, disebut memiliki desain spasial yang disesuaikan dan mode interaksi layak Stock Android yang secara ekslusif dibuat untuk realme, sehingga dapat menciptakan pengalaman sistem yang sederhana dan mulus bagi pengguna.

Untuk memenuhi kebutuhan desain yang berkualitas, realme 5i disebut menggunakan desain ikon unik dan warna sintetis untuk desain longitudinal, menciptakan pengalaman visual spasial. Selain ikon yang disesuaikan, realme 5i juga mendesain ulang elemen visual pada halaman tingkat pertama seperti wallpaper, lock screen, dan animasi pengisian daya untuk membuat elemen visual keseluruhan lebih spasial, lebih seragam, dan lebih sesuai dengan fitur desain realme.

Kalau mengacu pada fitur yang dibawa, realme 5i relatif masih sama seperti yang diusung para pendahulunya. Di sini kita temui fitur bernama Smart Service yang di dalammnya tercakup fitur antara lain Smart Driving dan Smart Assistant.
Fitur Smart Driving sejatinya adalah sebuah sistem yang akan secara otomatis mengetahui ketika pengguna sedang berkendara dengan mendeteksi perangkat yang terhubung dengan Bluetooth car kit. Ketika diaktifkan, perangkat akan mendukung mode Do Not Disturb saat ada telepon atau aplikasi messenger untuk keamanan saat berkendara. Fitur ini bisa ditemui dengan mengakses Setting > Smart Service > Smart Driving.
Selain itu juga ada fasilitas bernama APP Management, Clone Apps, Game Space, Game Center, dan App Split-Screen. Sedikit mengenal Game Space, fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang suka main game, di mana dengannya pengguna dimungkinkan untuk memilih notifikasi apa saya yang diabaikan ketika sedang bermain game.

ColorOS 6.1 yang tertanam di realme 5i juga menyertakan fitur menarik Dark Mode. Fitur baru ini menghadirkan planet warna yang lebih gelap untuk aplikasi dan sistem operasi, membantu pengguna untuk kenyamanan mata dan fokus dengan lebih baik dengan konten latar depan yang lebih hidup serta menonjol dengan latar belakang yang lebih gelap.


Fasilitas lain yang juga cukup menarik adalah Google Digital Wellbeing & Parental Controls. Fasilitas Google Digital Wellbeing memungkinkan kita untuk melacak aplikasi yang kita gunakan dan menemukan keseimbangan yang paling sesuai. Sementara dengan fitur Parental Controls, kita bisa membatasi apa saja yang bisa diakses buah hati ketika berselancara di dunia maya.

Dari sisi keamanan, relame 5i pun sudah memadai. Tidak hanya disuguhkan fitur keamanan standar bawaan sistem operasinya saja, seperti yang tercakup di menu Setting > Security yang di dalamnya terdapat sejumlah fasilitas. Diantaranya fitur keamanan berbasis biometrik, seperti pemindai sidik jari dan face unlock. Berdasar pengalaman menggunakannya, kedua fitur keamanan biometrik ini memiliki kinerja dan respon yang sangat baik. Untuk menggunakan fasilitas ini, kita bisa menuju ke menu Setting > Fingerprint, Face & Passcode.

Quad-Camera 12 MP


Walau dari sisi harga realme 5i relatif miring, smartphone ini sudah mengusung fitur quad-camera belakang. Sontak, urusan fotografi merupakan salah satu fitur menarik yang ditawarkan smartphone apik ini.

Soal komposisi yang ditawarkan, fitur quad-camera realme 5i terdiri dari sensor 12 MP dengan bukaan f/1.8 sebagai lensa utamanya yang ditemani dengan tiga sensor lain, masing-masing 8 MP f/2.25 (ultrawide), lalu ada sensor 2 MP f/2.4 (macro camera), dan 2 MP f/2.4 (depth sensor).

Sebagaimana tertulis, keempat sensor kamera di realme 5i memiliki fungsi sesuai peruntukannya. Misalnya, lensa utama 12 MP dengan bukaan besar yang bisa diandalkan untuk memotret gambar pada kondisi cahaya minim. Dengan aparture besar f/1.8 dan area single-pixel ultra-besar 1,25um, sensor 12 MP di realme 5i bisa menyerap cahaya dan membuat hasil bidikan lebih jernih serta lebih cerah. Selain itu, realme 5i juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat.

Beralih ke sensor 8 MP f/2.25 (ultra-wide) yang memiliki kemampuan untuk mengambil foto ultra-wide 119 derajat, yang dapat menangkap foto 4x lebih luas. Sensor ini bermanfaat untuk mengambil foto pemandangan, bangunan, foto grup, dan sebagainya. Cukup beralih ke mode ultra-wide, kita sudah bisa mendapatkan foto wide angle. Sensor wide-angle realme 5i disebut memiliki algoritma kalibrasi distorsi yang dikostumisasi oleh realme untuk memecahkan distorsi pada foto ultra-wide angle tradisional, membuat foto-foto bidang lebar lebih nyata dan menakjubkan.

Untuk mengambil foto makro diwakili oleh sensor 2 MP f/2.4 ukuran piksel tunggal 1,75 um. Dengan panjang fokus 4cm, pengguna dapat mengambil foto yang lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat, dengan mudah menangkap berbagai detail dalam kehidupan.
Adapun untuk mengambil foto dengan efek bokeh perannya diambil oleh sensor 2 MP f/2,4 (depth sensor). Guna memenuhi permintaan pengguna akan fotografi potrait, realme 5i memiliki "sistem filter" tambahan. Kamera utama dibantu oleh fitur lensa yang melihat hitam dan putih, memberikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar. Dalam mode potrait, eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik.

Bila di bagian belakang realme 5i mengusung fitur quad-camera, untuk selfie smartphone ini dibekali kamera depan 8 MP (f/2.0). Seperti smartphone relme lainnya, kamera depan realme 5i tidak menggunakan LED flash untuk pengambilan foto di area minim cahaya. Sebagai gantinya, realme 5i dibekali fitur screen flash yang menggunakan cahaya layar sebagai media untuk meningkatkan pencahayaan. Bila dirasa kurang puas dengan pengaturan default, kita juga dimungkinkan untuk memakai alat bantu berupa mode beautifucation dengan pengaturan AI untuk hasil foto sesuai keinginan.

Tidak terbatas pada sensornya saja, kamera realme 5i juga didukung dengan sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk mendapat hasil bidik sesuai keinginan. Yang paling menonjol adalah Super Nightscape 2.0 pada lensa utama 12MP dan lensa ultra-wide angle 8MP. Dalam hal ini realme 5i memanfaatkan inovasi dan keunggulan algoritma pemandangan malam hari, menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilitas genggaman, penekanan highliht dan dynamic range yang ditingkatkan.

Sementara untuk memenuhi permintaan pengguna akan peningkatan warna dan gaya gambar, realme 5i dilengkapi dengan efek fotografi ChromaBoost. Mesin AI mengenali informasi adegan dan ketapatan gambar, mengembalikan detail nyata, kecerahan dan warna yang dilihat oleh mata manusia melalui model visual manusia yang uni, dan memolesnya. Algoritma pemetaan warna level piksel kemudian digunakan untuk merekonstruksi gambar yang lebih jelas dan lebih bertekstur. Dengan kata lain, fitur tersebut menambah dimensi dan vitalitas pada gambar sambil memastikan pengaturan gambar yang sempurna saat dilihat mata manusia, sehingga gambar terlihat intuitif.
Dengan Fasilitas kamera utama yang diberikan, realme 5i bisa digunakan untuk mengambil foto dengan berbagai mode yang kita sukai. Kualitas hasil bidikan kameranya juga sangat memuaskan, baik digunakan di luar ruangan ataupun dalam ruangan dalam keadaan cahaya terang maupun minim cahaya. Pun untuk mengambil foto suasana malam yang menarik, hal ini bisa dilakukan berkat fitur Super Nightscape 2.0 yang dimilikinya.

Tidak hanya untuk mengambil foto, untuk pengambilan gambar bergerak (video), kamera smartphone ini juga sudah mendukung hingga resolusi 4K yang didukung dengan Electric Image Stabilization (EIS). Begitupun dengan video slo-mo, kamera realtime 5i juga bisa merekam video gerakan lambat.

Snapdragon 665


realme 5i memang tidak mengusung prosesor kasta tertinggi, tetapi di segmennya, dapur pacu yang ditanamkan smartphone ini sudah didukung dengan prosesor dengan kinerja kuat. Yup, seperti tertulis dari lembar spesifikasinya, realme 5i didukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 665 yang dibuat dengan proses farikasi 11nm.

Sementara dukungan grafis Adreno 610 meberikan kualitas gambar yang baik sekaligus memberikan pengalaman gaming yang sangat baik berdasarkan frame yang halus. Pengoperasian yang cepat, suara surround, dan gambar asli HD.

Selain prosesor, di dalam bodi realme 5i juga tertanam RAM 4 GB dan memori internal berkapasitas 64 GB. Bila dianggap kurang, untuk memperluas penyimpanan data kita bisa memanfaatkan slot kartu microSD yang bisa menampung data tambahan hingga 256 GB dengan slot tersendiri.

Dengan dukungan spesifikasi hardware yang dimilikinya membuat semua fasilitas yang dibawah smartphone dapat berjalan dengan sangat baik. Tidak hanya andal untuk digunakan pada aktivitas pengguna yang relatif standar, untuk aktivitas berat, seperti bermain game kelas HD, kinerja yang diberikan realme 5i sangat mulus alias lancar jaya.


Kinerja apik realme 5i juga terlihat dari skor benchmark yang diperolehnya. Di mana ketika dilakukan uji benchmark menggunakan AnTuTu, skor realme 5i berada di angka 173737. Sementara dengan software Geekbench skor realme 5i ada di kisaran 313 untuk single-core dan 1387 untuk uji multi core. Pada uji kinerja grafis, dengan menggunakan software benchmark 3D Mark skor yang dicetak realme 5i mencapai angka 1087 untuk Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1 dan 1054 poin untuk Sling Shot Extreme - Vulkan.
Kelebihan lain dari realme 5i juga datang dari sektor penyuplai daya. Dalam hal ini realme 5i dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Tidak hanya besar, baterai realme 5i juga didukung dengan fitur Al freeze, yang bisa memperkirakan aplikasi yang tidak dapat digunakan oleh pengguna dalam jangka waktu yang lama. Aplikasi tersebut akan dengan cepat dibekukan dan dinonatktifkan untuk menghemat daya dan membawa kinerja baterai ke tingkat yang baru.

Kesimpulan

Langsung saja, bagi yang mengidamkan smartphone quad-camera namun dengan harga yang masuk akal, realme 5i bisa menjadi jawabannya.

Pun, bila masing dianggap kurang, realme 5i juga masih memiliki sederet hal menawan yang membuatnya pantas menjadi salah satu bidikan Anda di kelasnya. Dari sisi desain realme 5i memiliki tampilan menarik dengan pola desain baru, Sunrise Design, sementara dukungan spesifikasi hardware-nya juga tidak kalah ciamik, Snapdragon 665. Belum lagi kapasitas baterainya yang sebesar 5000 mAh, yang sudha barang tentu menjadi kelebihan lain dari smartphone anyar ini. Label "Quad-Camera Battery King" sangat cocok disematkan pada realme 5i ini.

Tambahan lainnya adalah realme 5i sangat pas dipasangkan dengan realme Buds Air yang juga baru diluncurkan. Dukungan perangkat audio mumpuni seperti realme Buds Air akan menambah pengalaman menggunakan realme 5i. Ingat! Keputusan akhir tetap di tangan Anda.
Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN