Teknologi Informasi Sebagai Pembuka Peluang Bisnis dan Perbankan

Teknologi Sebagai Pembuka Peluang Bisnis dan Perbankan. Dalam dunia perdagangan, teknologi informasi dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dengan bantuan televisi, radio, dan koran. Bahkan dunia maya seperti Internet, pelaku bisnis dapat mananfaatkan media tersebut untuk mempromosikan produk mereka dalam bentuk iklan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memberikan kemudahan lainnya berupa perdagangan secara elektronik atau dikenal dengan istilah E-Commerce lebih ngetrennya bisnis online. E-Commerce adalah bentuk perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Hal ini disebabkan internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak jauh dapat saling berkomunikasi.

Dengan Teknologi Informasi perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan, baik kepada perusahaan maupun kepada customer. Keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain sebagai berikut :
  1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang, sehingga dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya perusahaan di Jepang dapat menjual barang dagangan ke perusahaan milik orang Indonesia.
  2. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distributor.
  3. Mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jadi Perusahaan tidak perlu repot-repot untuk membuka toko cabang serta merekrut karyawan yang banyak.
  4. Perusahaan dapat menekan harga karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak banyak. Akibatnya lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga produk perusahaan tersebut sehingga barang menjadi lebih laku.
  5. Barang yang dijual akan lebih murah dan dapat meningkatkan daya saing.
Keuntungan yang diperoleh oleh konsumen adalah sebagai berikut :
  1. Konsumen tidak perlu datang ke suatu toko tertentu untuk belanja barang yang diinginkan, tetapi cukup memesan lewat internet dan barang akan sampai tujuan sehingga tidak memakan banyak waktu.
  2. Konsumen dapat menghemat biaya untuk transportasi.
  3. Konsumen mempunyai banyak pilihan karena dapat membandingkan suatu produk dengan produk lain tanpa harus mengunjungi toko satu persatu atau lebih dikenal dengan istilah studi banding.
  4. Dapat membeli barang dari negara lain tanpa harus bersusah payah mengunjungi negara tersebut.
  5. Harga yang dibeli lebih rendah.
Di Indonesia, perdagangan melalui internet sudah banyak dikenal dan dilakukan. Beberapa contoh website yang diririkan sebagai sarana belanja  adalah glodokshop.com
, blibi.com, zalora.com, mataharimall.com tidak hanya sekedar belanja barang untuk pesan, atau booking kamar hotel juga sudah marak melalui internet. 
Penerapan teknologi informasi dalam dunia perbankan adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet. Transaksi perbankan melalui internet disebut dengan Internet Banking (Ebanking), Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Internet Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet.

Dengan menggunakan layanan Internet Banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui internet. Untuk memanfaatkan layanan Internet banking, nasabah cukup mengunjungi web bank dan kemudian melakukan transaksi contohnya Internet Mandiri Banking, internet banking bca
. Transaksi perbankan dapat dilakukan melalui internet, antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Untuk transaksi penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa melalui teller atau ATM.
Bank dunia usaha menjadi pioner internet perbankan adalah Security First Network (SFNB-www.sfnb.com). 
Beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui Internet Banking adalah sebagai berikut :
  1. Kita harus memahami prosedur yang diberikan oleh bank, termasuk aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data. Sehingga data yang kita miliki tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Setelah kita selesai menggunakan layanan Internet Banking, kita perlu memastikan bahwa kita telah melakukan Log Out sebelum menutup Browser atau meninggalkan layanan.
  3. Kita tidak boleh meninggalkan internet dalam keadaan Login di Internet Banking.
  4. Komputer harus dilengkapi dengan antispyware yang selalu aktif dan up to date.
  5. Gunakan komputer pribadi untuk mengakses Internet Banking.
  6. Kita harus menjaga kerahasiaan user ID dan password Internet Banking milik kita.
Keuntungan penggunaan Internet Banking bagi pihak Bank adalah sebagai berikut :
  1. Dengan menggunakan Internet Banking, maka jumlah nasabah yang data ke bank semakin sedikit.
  2. Pihak Bank dapat mengurangi jumlah karyawan yang melayani nasabah dan penggunaan ruang kantor yang luas.
  3. Dapat melayani nasabah 24 jam.
Keuntung penggunaan Internet Banking bagi nasabah bank adalah sebagai berikut :
  1. Menghemat waktu karena Internet banking memungkinkan nasabah melakukan transaksi dari mana saja dan di mana saja tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
  2. Menghemat biaya dan waktu perjalanan ke bank.
SMS banking adalah layanan perbankan dengan menggunakan layanan SMS. Hanya dengan mengirimkan SMS, seseorang nasabah dapat melakukan beberapa transaksi antara lain pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.
Demikian keuntungan positif dengan adanya teknologi informasi. Semoga ada manfaatnya.

Teknologi Informasi Sebagai Pembuka Peluang Bisnis dan Perbankan