Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang

Dengan adanya teknologi sangat banyak manfaat positif yang di dapat darinya. Diantara manfaat positif dari perkembangan teknologi informasi adalah sebagai  berikut :

Efek positif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah semua informasi menjadi bebas. Terfasilitasinya kebutuhan akan kebebasan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi. Penyebaran informasi berlangsung secara peer to peer, one to one, dan broadcast. Teknologi informasi dan komunikasi mendorong terjadinya keberagaman cara berpikir, gaya, dan penampilan. Konstribusi terbesar teknologi informasi dan komunikasi adalah penghitungan suara pada waktu pemilu, pendataan calon pemilih, parpol pengikut pemilu, pengelolaan organisasi partai politik, pendaftaran dan proses administrasi calon legislatif, sampai dengan penentuan pemenang pemilu.


Teknologi informasi dan komunikasi dapat menjangkau semua aspek kehidupan masyarakat, contohnya layanan publik dengan meningkatkan citra pemerintah di hadapan masyarakat. Electronic Government (e-Government) menjadi istilah yang sering dipakai untuk mendorong terjadinya transformasi paradigma dalam layanan publik. Akuntabilitas, transparansi, kecepatan proses layanan, akurasi, dan produktivitas menjadi kata yang sering disosialisasikan dengan e-government. E-government digunakan untuk meningkatkan hubungan pemerintah dengan masyarakat atau G2C (Government to Citizen). G2C digunakan untuk melayani administrasi dan urusan kependudukan. Karena masyarakat dapat dilayani kapan saja tanpa harus tergantung pada jam kerja, masyarakat juga bisa mengunjungi situs-situs yang telah disediakan oleh pemerintah untuk mencari informasi, meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha, atau G2B (Government to Business) misalnya kepengurusan izin suatu usaha dan meningkatkan hubungan pemerintah dengan lembaga terkait atau G2G (Government to Government).


Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan, di antaranya teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di negara-negara berkembang.

Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan para juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Penerapan teknologi informasi dalam dunia kedoteran antara lain ditemukannya peralatan robot yang digunakan untuk membantu pembedahan dan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.


Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang (one-to-one communicatioan) dan interaksi dengan orang banyak (one-to-many-communication). Kemampuan dan karateristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (e-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

Berikut ini adalah bentuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan.

Beberapa website menyediakan layanan konsultasi online dengan pakar menggunakan layanan chatting, e-mail, blog, dan milist. Internet menyebabkan jarak tidak menjadi masalah.

Diskusi Online
Diskusi online dapat digunakan untuk berkomunikasi antara para pelajar atau para pelajar dengan pengajar. Kita dapat belajar bersama dengan siswa lain di belahan dunia lain seperti Australia/Amerika, atau Eropa.

Perpustakaan online memungkinkan para pelajar dapat mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan dengan mudah tanpa dibatasi jarak dan waktu. Perpustakaan ini berbeda dengan perpustakaan yang sering kita jumpai, perbedaannya terletak pada bentuk digital dan penempatannya pada internet.

Kelas online
Kelas online digunakan oleh lembaga-lembaga pendidikan seperti Universitas Terbuka. Materi-materi yang disampaikan kepada peserta didik dibuat menarik dan interaktif dengan tujuan agar para siswa tertarik dan tidak cepat bosan. Keberadaan kelas online di Indonesia sendiri hanya digunakan pada lembaga-lembaga tertentu saja.

Penelitian
Saling berbagi penelitian membuat seseorang dapat berbagi dengan orang lain menggunakan internet. Seorang peneliti dapat menyampaikan informasi dan hasil penelitian dengan peneliti lain di negara manapun.

Memperkaya Khasanah Budaya
Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok-kelompok yang terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif dan sesuai dengan kemauan mereka. Kita juga dapat mengadopsi kebudayaan asing yang bermanfaat dan dapat memperkaya kebudayaan kita. Kita dapat memperkenalkan kebudayaan kita kepada bangsa lain sehingga dapat memperkaya khasanah budaya.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan sumbangan berharga bagi petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih, dan harga pasaran.


Menciptakan Lapangan Kerja
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi membuka peluang bagi para pencari kerja dengan adanya situs yang menyediakan beberapa info mengenai lowongan kerja.

Keuntungan yang dapat dirasakan antara lain sebagai berikut
  1. Para pencari pekerjaan dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencari peluang kerja di kota atau di daerah terdekat,
  2. Mereka dapat melakukan pekerjaan baru yang tercipta akibat pemakaian teknologi informasi dan komunikasi.

Demikian diantara Dampak Positif dari Perkembangan Teknologi Informasi.