Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta

Dampak Teknologi


Setelah mengenal dampak positif dari teknologi sekarang kita akan mengenal dampak negatif yang di timbulkan dari Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dari beberapa bahasan mengenai teknologi informasi, dapat diketahui bahwa jika kita dapat memanfaatkan teknologi informasi tersebut, maka kita akan memperoleh kemudahan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Namun perlu disadari bahwa perkembangan teknologi bukan tidak ada efek negatif yang di timbulkannya karena semakin tinggi tingkat intelektualitas suatu masyarakat, maka semakin canggih dan beraneka ragam pulalah tingkat kejahatan yang terjadi.
Dampak Negatif yang di timbulkan dari Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di antaranya Pembajakan Hasil Karya.
Pembajakan Karya Cipta

Dengan berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi, maka pemerintah Indonesia membuat undang-undang No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta (UUHC) atau yang lebih dikenal dengan Undang-Undnag HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang resmi di berlakukan tanggal 29 Juli 2003.
Berdasarkan Undang-Undang No. 19 Tahun 2002 Pasal 1 Ayat 1 menyebutkan bahwa hak cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam undang-undang ini menyebutkan bahwa ciptaan yang dilindung undang-undang adalah ciptaan dalam bidang seni, ilmu pengetahuan, dan sastra yang mencakup sebagai berikut :
  1. Buku, program komputer, pamflet, perwajahan (layout) karya tulis yang diterbitkan secara resmi, dan semua karya tulis.
  2. Ceramah, kuliah, pidato, dan ciptaan lain yang sejenis dengan itu.
  3. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
  4. Lagu atau musik dengan atau tanpa teks.
  5. Drama/drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantonim.
  6. Seni rupa dalam segala bentuk seperti gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, patung, kolase, dan seni terapan.
  7. Arsitektur
  8. Peta
  9. Seni Batik
  10. Fotografi.
  11. Sinematografi.
  12. Terjemahan, tafsiran, saduran, bunga rampai, database, dan hasil karya orang lain.

Contoh undang-undang dalam teknologi informasi dan komunikasi.
Pada pasal 1 ayat 8 disebutkan bahwa yang dimaksud dengan program komputer adalah sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk, bahasa, skema, atau bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan komputer mampu membuat komputer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil khusus, termasuk persiapan dalam merancang instruksi tersebut.
Berdasarkan pasal 30, hak cipta program komputer berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali diumumkan. Hal ini berarti bahwa kita tidak boleh secara bebas menggunakan suatu program komputer. Jadi. selama kurun waktu 50 tahun pemegang hak cipta wajib mendapat royalti atas penjualan program komputernya.

Royalti  adalah pembayaran sejumlah uang kepada pemilik hak cipta oleh seseorang atau sebuah perusahaan yang menggunakan ciptaannya untuk diperjualbelikan. Hal tersebut diatur dalam pasal 72 ayat 3 yang berbunyi : "Barang siapa dengan sengaja tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)".
Dalam Pasal 24 UUHC juga telah diatur mengenai hak moral sebagaimana telah tercantum dalam empat ayat berikut ini.
  1. Pencipta atau ahli waris berhak menuntut pemegang hak cipta supaya nama pencipta tetap dicantumkan dalam ciptaannya.
  2. Suatu ciptaan tidak boleh diubah walaupun hak ciptaannya telah diserahkan kepada pihak lain, kecuali dengan persetujuan pencipta atau dengan persetujuan ahli warisnya dalam hal pencipta telah meninggal dunia.
  3. Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berlaku terhadap perubahan judul dan anak ciptaan, pencantum, dan perubahan nama atau nama samaran pencipta.
  4. Pencipta tetap berhak mengadakan pembahan pada ciptaan sesuai dengan kepatuhan dalam masyarakat.
Ciptaan yang tidak memiliki hak cipta seperti yang dinyatakan pada pasal 13 Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 adalah sebagai berikut.
  1. Hasil rapat terbuka lembaga-lembaga negara.
  2. Peraturan perundang-undangan.
  3. Pidato kenegaraan atau pidato pejabat pemerintahan.
  4. Putusan peradilan atau penetapan hakim.
  5. Keputusan badan arbitrase atau keputusan badan-badan sejenis lainnya. 
Pemegang hak cipta adalah pencipta sebagai pemilik hak cipta atau pihak yang menerima hak tersebut dari pencipta atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut.
Dengan menggunakan hak moral, maka pencipta suatu karya ciptaannya memiliki hak sebagai berikut.
  1. Dicantumkan nama atau nama samarannya di dalam ciptaannya atau salinannya dalam hubungan dengan penggunaan secara umum.
  2. Mencegah bentuk-bentuk distorsi, mutilasi, atau bentuk perubahan lainnya yang meliputi pemutarbalikan, pemotongan, perusakan, dan penggantian yang berhubungan dengan karya cipta yang pada akhirnya akan merusak apresiasi dan kreasi pencipta.

Dengan adanya undang-undang tersebut akan memberikan rasa lega kepada pemilik Hak Cipta, walaupun demikian dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan membuka peluang untuk orang-orang yang berfikiran jahat untuk Membajak Sebuah Hasil Karya Cipta.
Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN