Jul 19, 2016

Teknologi Pendidikan dan Tujuan Teknologi Pendidikan

Sebelum mengupas lebih lanjut tentang Teknologi Pendidikan, perlu kiranya diketahui apasih pengertian atau definisi dari teknologi pendidikan? Manfaat apa yang bisa didapat dari Teknologi Pendidikan? dan Bagaimana Menyikapi Perkembangan Teknologi Pendidikan? Serta Apa Apresiasi dari Orang Tua, Guru dalam Teknologi Pendidikan ini.  Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut teruskan membaca artikel ini.

Okelah para tamu gootex yang haus akan pengetahuan. Sekarang kita akan jelaskan tentang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas.

Pengertian dan Definisi Teknologi Pendidikan 

Mari kita tinjau dari segi kata Teknologi, adalah penemuan-penemuan terbaru yang muncul dalam rangka memudahkan suatu pekerjaan. Pendidikan memiliki dua pengertian yang pertama membina tingkah laku, mengarahkan dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang baik menjadi lebih baik. Kedua pendidikan bisa juga didefinisikan pemberian  pengetahuan ilmu kepada anak didik dalam segala bidang seperti Ilmu Agama, Pengetahuan tentang alam, pengetahuan tentang kehidupan sosial, pengetahuan tentang ilmu hitung, pengetahuan tentang ilmu medis, kedokteran dan segala hal yang menyangkut ilmu.
Jadi Teknologi Pendidikan dapat didefinisikan suatu penemuan baru dalam rangka mempermudah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Pengertian ini merupakan analisa dari penulis artikel Gootex.

Pengertian Teknologi Pendidikan menurut Para Ahli

Dalam artian yang  sempit dapat di artikan bahwa teknologi pendidikan adalah sebuah media dalam bidang pendidikan, berupa penemuan baru yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses pendidikan agar berjalan lebih efektif, efisien dan memiliki nilai manfaat.

Association for Educational Communication and Technology disingkat dengan AECT. Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu serta melibatkan peralatan, ide, prosedur, orang dan organisasi dalam menganalisis suatu masalah, menemukan problem solving, melakukan evaluasi serta mengelola cara pemecahan dari masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia.

Tom Cutchall (1999) Tom Cutchal mengutarakan Teknologi Pendidikan ini sama seperti definisi yang dikeluarkan AECT 1994. Cuma Dia lebih menekankan bahwa teknologi pembelajaran merupakan sebuah penelitian dan aplikasi ilmu prilaku serta teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem dalam melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi serta pengelolaan dalam penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan permasalahan belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah menggunakan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.

Dari begitu banyaknya ditemukan pengertian teknologi sebagaimana yang diuraikan di atas dan belum lagi yang terdapat didalam buku atau dari referensi yang lain. Dan manakah pengertian teknologi pendidikan yang terbaik? Pertanyaan ini sulit untuk menjawabnya. Tapi yang paling penting adalah semua pendapat tentang teknologi pendidikan ini bisa di jadikan sebagai referensi dalam belajar. Dan yang tak kalang pentingnya lagi, bagaimana di semua sektor pendidikan Indonesia sudah menggabungkan teknologi dalam proses mengembangkan metoda pembelajaran, sehingga tidak ada lagi terdengar guru yang buta teknologi.

Tujuan dan Manfaat Teknologi Pendidikan

Setelah melihat serta memahami definisi dan pengertian Teknologi pendidikan, sekarang akan kita bahas tentang apa tujuan dari teknologi pendidikan tersebut.

Jika kita teliti dan telusuri secara lebih mendalam, maka dapatlah suatu kesimpulan bahwa tujuan teknologi pendidikan secara umum adalah : untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dalam proses belajar, untuk lebih meningkatkan kinerja dan mutu pembelajaran.
Sekarang mari kita bahas satu persatu :

Sebagai alam untuk memecahkan permasalahan belajar

Sebelum teknologi dikenal,  belajar adalah suatu masalah bagi guru dan anak didik. Banyak anak didik yang tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar, sehingga ilmu yang di sampaikan guru tidak dapat dicerna oleh anak didik. Belum lagi di tambah dengan kondisi ruangan yang tidak tertata dengan rapi. Dibagian lain, ada tenaga pengajar yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu pengetahuan yang ada pada guru tidak bisa tersampaikan secara baik kepada anak didik.

Dari permasalahan diatas, maka di butuhkan teknologi pendidikan untuk bisa menjawab semua permasalahan tersebut.

Sebagai Alat untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Sebagai Alat untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Sebelumnya seorang guru harus menggunakan kapur dan papan tulis untuk memberikan pemahaman kepada anak didiknya, sudah tentu setiap kali menerangkan pelajaran tangan guru menjadi kotor kena kapur tulis. Tapi jika menggunakan teknologi seperti  LCD Proyektor, maka dalam memberikan pemahaman kepada siswa akan menjadi efektif dan tangan gurupun tetap bersih.  Dengan menggunakan teknologi multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan dan mudah di pahami oleh siswa. Contohnya Guru mengajar tentang proses terjadinya hujan, maka dengan di perlihatkan gambar secara berurutan atau bisa dengan menampilkan video tentang proses terjadinya hujan, dengan demikian murid akan cepat menangkap ilmu pengetahuan tersebut karena bisa melihat proses langsung tidak hanya meraba-raba.

Dari kasus tersebut maka bisa dijadikan sebagai tujuan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan masih banyak lagi aspek-aspek lain yang di timbulkan oleh teknologi pendidikan.

Kesimpulan

Dari uraian-uraian diatas maka dapatlah kita tarik sebuah kesimpulan bahwa Teknologi Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar dalam rangka mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa.

Demikian penjelasan gootex tentang Teknologi Pendidikan dan Tujuannya. Semoga menambah pundi-pundi pengetahuan Anda. Terima kasih telah membaca.