Teknologi Pendidikan dan Tujuan Teknologi Pendidikan

Sebelum mengupas lebih lanjut tentang Teknologi Pendidikan, perlu kiranya diketahui apasih pengertian atau definisi dari teknologi pendidikan? Manfaat apa yang bisa didapat dari Teknologi Pendidikan? dan Bagaimana Menyikapi Perkembangan Teknologi Pendidikan? Serta Apa Apresiasi dari Orang Tua, Guru dalam Teknologi Pendidikan ini.  Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut teruskan membaca artikel ini.

Okelah para tamu gootex yang haus akan pengetahuan. Sekarang kita akan jelaskan tentang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas.

Pengertian dan Definisi Teknologi Pendidikan 

Mari kita tinjau dari segi kata Teknologi, adalah penemuan-penemuan terbaru yang muncul dalam rangka memudahkan suatu pekerjaan. Pendidikan memiliki dua pengertian yang pertama membina tingkah laku, mengarahkan dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang baik menjadi lebih baik. Kedua pendidikan bisa juga didefinisikan pemberian  pengetahuan ilmu kepada anak didik dalam segala bidang seperti Ilmu Agama, Pengetahuan tentang alam, pengetahuan tentang kehidupan sosial, pengetahuan tentang ilmu hitung, pengetahuan tentang ilmu medis, kedokteran dan segala hal yang menyangkut ilmu.

Jadi Teknologi Pendidikan dapat didefinisikan suatu penemuan baru dalam rangka mempermudah memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Pengertian ini merupakan analisa dari penulis artikel Gootex.

Pengertian Teknologi Pendidikan menurut Para Ahli

Dalam artian yang  sempit dapat di artikan bahwa teknologi pendidikan adalah sebuah media dalam bidang pendidikan, berupa penemuan baru yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses pendidikan agar berjalan lebih efektif, efisien dan memiliki nilai manfaat.
Association for Educational Communication and Technology disingkat dengan AECT. Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu serta melibatkan peralatan, ide, prosedur, orang dan organisasi dalam menganalisis suatu masalah, menemukan problem solving, melakukan evaluasi serta mengelola cara pemecahan dari masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia.
Tom Cutchall (1999) Tom Cutchal mengutarakan Teknologi Pendidikan ini sama seperti definisi yang dikeluarkan AECT 1994. Cuma Dia lebih menekankan bahwa teknologi pembelajaran merupakan sebuah penelitian dan aplikasi ilmu prilaku serta teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem dalam melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi serta pengelolaan dalam penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan permasalahan belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah menggunakan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.

Dari begitu banyaknya ditemukan pengertian teknologi sebagaimana yang diuraikan di atas dan belum lagi yang terdapat didalam buku atau dari referensi yang lain. Dan manakah pengertian teknologi pendidikan yang terbaik? Pertanyaan ini sulit untuk menjawabnya. Tapi yang paling penting adalah semua pendapat tentang teknologi pendidikan ini bisa di jadikan sebagai referensi dalam belajar. Dan yang tak kalang pentingnya lagi, bagaimana di semua sektor pendidikan Indonesia sudah menggabungkan teknologi dalam proses mengembangkan metoda pembelajaran, sehingga tidak ada lagi terdengar guru yang buta teknologi.

Tujuan dan Manfaat Teknologi Pendidikan

Setelah melihat serta memahami definisi dan pengertian Teknologi pendidikan, sekarang akan kita bahas tentang apa tujuan dari teknologi pendidikan tersebut.

Jika kita teliti dan telusuri secara lebih mendalam, maka dapatlah suatu kesimpulan bahwa tujuan teknologi pendidikan secara umum adalah : untuk memecahkan permasalahan-permasalahan dalam proses belajar, untuk lebih meningkatkan kinerja dan mutu pembelajaran.

Sekarang mari kita bahas satu persatu :

Sebagai alam untuk memecahkan permasalahan belajar

Sebelum teknologi dikenal,  belajar adalah suatu masalah bagi guru dan anak didik. Banyak anak didik yang tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar, sehingga ilmu yang di sampaikan guru tidak dapat dicerna oleh anak didik. Belum lagi di tambah dengan kondisi ruangan yang tidak tertata dengan rapi. Dibagian lain, ada tenaga pengajar yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu pengetahuan yang ada pada guru tidak bisa tersampaikan secara baik kepada anak didik.

Dari permasalahan diatas, maka di butuhkan teknologi pendidikan untuk bisa menjawab semua permasalahan tersebut.

Sebagai Alat untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Sebagai Alat untuk meningkatkan kinerja pembelajaran.

Sebelumnya seorang guru harus menggunakan kapur dan papan tulis untuk memberikan pemahaman kepada anak didiknya, sudah tentu setiap kali menerangkan pelajaran tangan guru menjadi kotor kena kapur tulis. Tapi jika menggunakan teknologi seperti  LCD Proyektor, maka dalam memberikan pemahaman kepada siswa akan menjadi efektif dan tangan gurupun tetap bersih. 

Dengan menggunakan teknologi multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan dan mudah di pahami oleh siswa. Contohnya Guru mengajar tentang proses terjadinya hujan, maka dengan di perlihatkan gambar secara berurutan atau bisa dengan menampilkan video tentang proses terjadinya hujan, dengan demikian murid akan cepat menangkap ilmu pengetahuan tersebut karena bisa melihat proses langsung tidak hanya meraba-raba.

Dari kasus tersebut maka bisa dijadikan sebagai tujuan teknologi pendidikan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan masih banyak lagi aspek-aspek lain yang di timbulkan oleh teknologi pendidikan.

Kesimpulan

Dari uraian-uraian diatas maka dapatlah kita tarik sebuah kesimpulan bahwa Teknologi Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar dalam rangka mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa.

Demikian penjelasan gootex tentang Teknologi Pendidikan dan Tujuannya. Semoga menambah pundi-pundi pengetahuan Anda. Terima kasih telah membaca.
Temukan Teknologi  Yang Anda Cari di Sini Aja

Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN