Mengetahui Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Sekarang Internet sudah tidak asing lagi. Karena itu perlu juga diketahui Sejarah Perkembangan Internet Dunia  mulai dari permulaan di Kenalnya Internet pada tahun 1969. Awal Sejarah Perkembangan Internet di mulai pada saat Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yang bernama U.S. Defensi Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengambil keputusan untuk melaksanakan riset tentang cara menghubungkan beberapa unit komputer agar bisa terbentuk sebuah jaringan organik. Dalam program risetnya ini menemukan sebuah istilah dengan nama ARPANET, sehingga pada tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang bisa berkomunikasi antara komputer yang satu sama yang lainnya. 
Mengetahui Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Mulai Populernya E-mail

Pada tahun 1970, seorang pria kelahiran Amsterdam, nama sebuah daerah yang berada dalam wilayah New York berhasil menyempurnakan program e-mail yang sudah ada pada tahun sebelumnya. Pria ini bernama Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson. 

Progam e-mail yang ditemukan Raymond Samuel Tomlinson sangat mudah dalam penggunaannya, sehingga program ini langsung cepat jadi populer.Pada tahun itu juga diperkenalkanlah icon @ sebagai syombol yang menunjukkan "at" atau "pada". Pada tahun berikutnya yaitu 1973, jaringan komputer ARPANET mulai berkembang ke luar wilayah Amerika Serikat, seperti di LOndon. Sebuah University College termasuk dalam daftar komputer pertama di luar Amerika Serikat yang tergabung dalam jaringan Arpanet. Setelah itu berkembang lagi gagasan yang lebih besar dari dua orang ahli komputer yaitu Vinton dan Bob Kahn, yang mereka presentasikan pertama kali di Universitas Sussex. Yang selanjutnya presentasi mereka menjadi cikal bakal dari Perkembangan Internet Selanjutnya. 

Muncul Video Call (Chatting Video)

Pada tahun 1976 tepatnya pada tanggal 26 Maret, Ratu Inggris berhasil mengirim email dari Royal SIgnals dan Radar Establishment di Malvern, sehingga hari ini tercatat sebagai sejarah dalam dunia perkembangan Internet, tahun berikutnya sudah lebih dari 100 unit komputer yang bergabung dengan ARPANET yang membentuk sebuah jaringan atau lebih dikenal dengan network. Dengan bertambah banyaknya komputer yang tergabung dalam jaringan ARPANET maka di tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, membuat sebuah newsgroups pertama dengan nama USENET, kemudian pada tahun 1981 France Telecom meluncurkan gebrakan baru dengan menggabungkan telepon dan televisi, sehingga orang yang berkomunikasi sambil menelepon bisa terhubung dengan video link, untuk istilah sekarangnya Video Call. 

Dengan semakin banyaknya pemakaian komputer yang setiap hari makin bertambah, maka dibutuhkanlah suatu protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan, sehingga di tahun 1982 terbentuk sebuah Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal sakarang ini. Sementara itu Eropa juga tidak mau kalah, hingga mereka memunculkan sebuah jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet. Mereka menyediakan jasa jaringan komputer untuk negara-negara seperti Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan ini melayani jasi e-mail dan newsgroup USENET. 

Muncul Nama Domain (www)

Agar semua alamat jaringan komputer yang ada menjadi seragam, maka di tahun 1984 diperkenalkanlah penamaan domain, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan DNS atau Domain Name System. Dalam jaringan ini komputer yang saling terhubung sudah lebih dari 1000 unit. Dan pada tahun 1987 jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan ini meningkat 10 kali lipat, sehingga 10.000 lebih komputer sudah saling terhubung. 

Seiring perjalanan waktu, di tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland memperkenalkan penemuannya tentang IRC singkatan dari Internet Relay Chat. Tahun berikutnya, jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan meningkat tajam 10 kali lipat tahun 1988. Seratus Ribu lebih komputer sudah membentuk jaringan, maka tahun 1990 tercatat lagi sebuah sejarah dengan di temukannya program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya. Program ini merupakan hasil penemuan Tim Berners Lee yang disebut dengan www singkat dari World Wide Web. Komputer-komputer dari seluruh dunia sudah bisa terhubung tanpa kabel. 

Di Tahun 1992, komputer semakin banyak lagi sudah mencapai sejuta lebih komputer yang tersambung dalam jaringan, sehingga muncul lagi istilah surfing the internet. Sehingga sekarang kita sudah mengenal banyak program browsing untuk berselancar di internet seperti Yahoo, Google, Youtube, Facebook yang bisa menghubungkan antar pengguna komputer dari seluruh dunia. Oke demikian uraian tentang Sejarah Perkembangan Internet.
Goo Teknologi