Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer

Definisi Teknologi Informasi


Teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan. menyimpan, mengubah. dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya (McKcown, 2001).
Teknologi Informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi (Williams, Sawyer, 2005).

Teknologi Informasi merupakan kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan transmisi informasi (Martin, Brown, DeHayes. Hoffer, Perkins, 2005).

Dari definisi tersebut di atas ada dua hal penting, yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi.
Kata komputer berasal dari bahasa Latin computere yang berarti menghitung atau dalam bahasa Inggris to cumpute. Dengan demikian menurut ejaan aslinya, komputer dapat definisikan sebagai alat hitung. Secara umum yang dimaksud dengan komputer menurut Elias M. Awad adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog). Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik (Larry Long & Nancy Long). Komputer adalah alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi (Robert H. Blissmer). Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memproscsnya dan menghasilkan output, bekerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan di dalam penyimpannya. Program tersebut dikenal dengan nama Sistem Operasi (Operating System) (Donald H. Sanders). Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan (Williams, Sawyer. 2003). Jadi komputer adalah alat elektronik multiguna yang dapat menerima input data, mengolah data, menyimpan program dan hasil pengolahan data (informasi). mcnyajikan informasi, yang kerjanya dikendalikan oleh program yang tersimpan dalam penyimpannya dan bekerja secara otomatis.
Teknologi komunikasi atau teknologi telekomunikasi terdiri dari sistem dan peralatan elektromagnetis untuk berkomunikasi jarak jauh. Misalnya telepon, radio, televisi, dan TV kabel. Dengan adanya gabungan antara teknologi komputer dan teknologi tekekomunikasi maka orang dapat go online di Internet. Online berarti penggunaan komputer atau peralatan informasi yang dihubungkan lewat sebuah jaringan untuk mengakses informasi dan jasa dari peralatan informasi atau komputer lain.

Infrastruktur Teknologi Informasi
Infrastruktur teknologi informasi terdiri dari fasilitas-fasilitas fisik, jasa-jasa, dan manajemen yang mendukung seluruh sumberdaya komputasi dalam suatu organisasi. Komponen utamanya adalah perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, fasilitas jaringan dan komunikasi, database dan personalia teknologi informasi.

Brainware Teknologi Informasi

Brainware/Lifeware/Spesialis informasi adalah orang-orang yang bekerja di dalam bidang komputer (teknologi informasi) dan bidang yang berhubungan dengan komputer.


Profesi dalam Teknologi Informasi

Dalam teknologi informasi dikenal sepuluh buah profesi yang populer, yaitu Chief Information Officer (CIO), System Analyst, Programmer, Network Administrator, System Programmer, Database Administrator, Internet Site Specialist (Webmaster), Computer Operator, User Liaison, dan PC Specialist.
Chief Information Officer (CIO) adalah orang yang bertanggungjawab pada seluruh aktivitas pelayanan informasi dalam perusahaan. CIO seringkali merupakan Wakil Presiden (Vice President), seorang futuristik, memprediksi teknologi informasi apa yang akan menjadikan posisi perusahaan unggul dan mampu menggunakannya.

System Analyst (Analis Sistem) adalah orang yang pekerjaannya mcnganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem informasi. Pekerjaan tersebut meliputi pendefinisian masalah, studi kelayakan, analisis, perancangan (teknologi, model, input, output, database, kendali) secara umum, perancangan (teknologi, moder. input, output, database, kendali) secara rinci, implementasi dan pemeliharaan sistem informasi. Analis Sistem membuat program spesifik untuk programmer.

Programmer bertugas menyusun program berdasarkan spesifikasi program dari Analis Sistem. Program yang ditulis oleh programmer:
menggambarkan persoalan-persoalan tersebut kepada komputer.
memberitahukan kepada komputer bagaimana persoalan baru diselesaikan.
memberitahukan kepada komputer bagaimana cara untuk membuat laporan hasil komputerisasi. 
Karir seorang programmer dapat menjadi Manajer Programmer, bahkan dapat pula menjadi Analis Sistem.

Network Administrator bertugas merancang dan memelihara Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Pekerjaan ini meliputi pemilihan dan penginstalan perangkat lunak dan perangkat keras yang cocok, misalnya modem, router, front-end processor, dan memilih media transmisi.
System Programmer adalah orang yang pekerjaannya merancang, mengembangkan, memelihara, dan mengimplementasikan perangkat lunak sistem sebagai dasar dari operasi komputer secara umum.
Database Administrator bertugas merancang, menciptakan, dan memelihara database yang terintegrasi. Database Administrator mengkoor-dinasikan diskusi antara pemakai group untuk menjelaskan isi dan format database. Dengan demikian data yang redundan dapat diperkecil. Database Administrator juga bcrtanggungjawab atas integrasi dan keamanan database.

Webmaster (Internet Site Specialist) bertanggungjawab pada penciptaan dan pemeliharaan satu atau lebih situs internet. Webmaster, dengan menggunakan material sumber dan peralatan pengembangan dari perusahaan, menciptakan dan memelihara halaman World Wide Web (WWW).
Computer Operator (Operator Komputer) bertugas:
• melayani peralatan/instalasi komputer.
• melaksanakan pekerjaan sesuai dengan urutan prosedur yang telah ditetapkan.
• menyiapkan input data.
• Memasukan data ke komputer.
• Mengawasi peralatan-peralatan komputer.
• Menjadwal pekerjaan komputer.
User Liaison bersama Computer Specialist mengkoordinasikan semua aktivitas yang berhubungan dengan komputer dalam suatu bagian area fungsional.

PC Specialist dilatih dalam operasi dan fungsi PC dan berhubungan dengan perangkat keras. PC Specialist cakap dalam penggunaan dan aplikasi paket perangkat lunak PC, misalnya word processing, desktop publishing, komunikasi, spreadsheet, database, dan grafik presentasi.

Profesi dalam Industri Komputer
Dalam dunia industri komputer dikenal ada empat departemen, yaitu Departemen Design dan Manufacturing; Departemen Service, Maintenance, dan Install; Departemen Word dan Data Processing serta Departemen Sales, Marketing dan Retailing.

a.  Departemen Design dan Manufacturing

Departemen ini terbagi dua divisi, yaitu Divisi Software dan Divisi
Hardware.
1.  Devisi Software

a) Research & Planning Position

1) Consultant
2) Manager of Planning
3) Project Manager
4) System Analyst
5) Software Designer

b) Development Position

1) Consultant
2) Manager System Devision
3) Project Manager
4) Database Administrator
5) Chief Program
6) System Analyst
7) Network Analyst
8) Database Programmer
9) Communication Programmer
10) Contract Programmer
11) Scientific Programmer
12) Business Programmer
13) Technical Writer
14) Documentation Librarian
15) Coder

c) Maintenance Area

d) Production Area 

e)  Training Area
2 Devisi Hardware

a) Research & Development Position

1) Consultant
2) Manager Research & Developmc
3) Project Manager
4) Engineer
5) Designer

b) Production Area

1) Manager Area
2) Project Manager
3) Line Supervisor
4) Fabricator
5) Technician

b. Dcpartement Service, Maintenance dan Installation Departemen ini terdiri dari beberapa profesi, yaitu:

1. Technician
2. Technical Specialist
3. Field Engineer
4. Service Manager

c. Departcment Word dan Data Processing

Departemen ini terdiri dari beberapa profesi, yaitu:
1. Data Processing
2. Project Manager
3. EDP Auditor
4. Manager Computer Operation
5. Operator Administrator
6. Security Administrator
7. System Support Administrator
8. Operation Research Analyst
9. Capacity Planinning Analyst
10. Shift Supervisor
11. Key Punch Supervisor

a) Job Control Supervisor
b) Communication Specialist
c) Network Operator
d) CRT Operator
e) Tab Equipment Operator 
f)      Job Control Clerck
g) Librarian
h) Word Processing
i) Word Processing Operator
j)   Computer Typesetting Operator

d. Departement Sales, Marketing dan Retaining
Profesi yang ada di departemen ini antara lain:

1. Customer Representative
2. Sales/Marketing Engineer
3. Sales/Marketing Manager
4. Customer Support Representative

Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN