Dec 9, 2016

komputer, teknologi, perkembangan, brainware, sistem, software, hardware, informasi, printing, komunikasi, digital, data, alat, computer

Perkembangan Teknologi Komputer


Komputer merupakan salah satu dari sekian banyak alat teknologi informasi karena dengan komputer kita dapat mengolah data yang menghasilkan suatu informasi, di mana informasi tersebut dapat berguna bagi orang lain.
http://gootex.blogspot.com/2015/09/perkembangan-teknologi-komputer.html

Secara umum, komputer bekerja setelah menerima data (input) kemudian diolah menjadi informasi berupa keluaran (output) melalui serangkaian perintah yang diberikan oleh user. Sebelum kalian mempelajari secara rinci mengenai fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi, kita mengenal dahulu komponen-komponen utama komputer. Komputer tidak lepas dari tiga komponen utama yang saling terkait, yaitu brainware, hardivare, dan Software. 

Brainware
Brainware adalah orang yang memberikan perintah terhadap sebuah komputer. Istilah-istilah lain brainware adalah sebagai berikut.
  1. Operator adalah orang yang bertugas mengoperasikan komputer yang telah dibuat oleh programmer.
  2. Programmer adalah orang yang membuat program tertentu yang akan diaplikasikan dengan program komputer.
  3. Teknisi adalah orang yang bertugas atau mempunyai wewenang untuk melakukan perawatan dan perbaikan terhadap sistem komputer yang mengalami kerusakan
Hardware

Hardware adalah perangkat keras penyusun sebuah komputer. Hardware terdiri dari komponen berikut.
  1. CPU (Central Processing Unit), merupakan otak dari sebuah komputer.
  2. Memori, merupakan media untuk menyimpan data dan perintah komputer.
  3. Media penyimpan data (storage device), merupakan media penyimpan data secara tetap.
  4. Output (output device), merupakan segala perangkat yang dapat mengeluarkan atau menerima data dari komputer.
  5. Input (output device), merupakan perangkat yang memasukkan atau memberikan data komputer
Software
Software adalah serangkaian perintah atau instruksi yang membentuk suatu program yang berfungsi menjalankan perangkat keras.
Software dibedakan menjadi sebagai berikut :

Sistem Operasi
Sistem operasi berfungsi untuk mengawali pengoperasian komputer atau memberi sistem di dalam komputer sehingga komputer siap untuk menjalankan perintah-perintah dari pemakai (user).
Contoh: PC DOS, MS-DOS, Windows, Linux, dan UNIX.

Berdasarkan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi berikut

Mikro computer
Istilah lain dari komputer mikro adalah personal computer. Komputer ini memiliki main memory 16 MB sampai 128 MB, dengan kecepatan akses 200-500MHz. Pada umumnya, komputer mikro berupa single user.

Mini computer
Mini computer bersifat multi user (dapat digunakan secara bersama-bersama). Komputer ini bercirikan memiliki terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai. IBM AS-400 adalah salah satu contoh komputer mini buatan IBM.

Small computer
Small computer disebut juga dengan istilah small scale mainframe computer. Komputer ini menggunakan sistem multiprogramming, multiprocessing, dan virtual storage, serta bersifat multi user dengan ratusan terminal.

Medium computer disebut juga medium scale mainframe computer. Komputer ini mempunyai banyak sekali perangkat input dan output. Komputer jenis ini banyak digunakan untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputer.


Large computer disebut juga mainframe komputer. Bentuk fisik dari komputer ini sangat besar hampir menyerupai lemari. Komputer ini biasanya digunakan pada perusahaan-perusahaan besar seperti perusahaan penerbangan. Kecepatan akses komputer ini mencapai 400 MIPS.

Super computer mempunyai beberapa processor yang dipasang secara parallel. Dengan menggunakan super computer, memungkinkan untuk melakukan time-sharing yang lebih efektif. Super computer dihubungkan dengan ribuan terminal, sehingga dapat digunakan oleh ribuan pemakai secara bersama-sama.

Program bantu digunakan untuk membantu mengatasi gangguan jalannya komputer yang terjadi pada software.
Contoh: Dirrect-X, Norton utility, SCAN antivirus, dan PC Cilin.

Sistem pengolah adalah program yang digunakan untuk memproses data masukan (input)

Paket program merupakan program khusus yang dipergunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diperlukan.

Paket program dibedakan menjadi sebagai berikut :

Pengolah kata (word processor)

Pengolah kata dipergunakan untuk melakukan pengolahan kata atau pekerjaan yang berhubungan dengan pengetikan naskah.

Pengolah angka (spread sheet) 
Pengolah angka dipergunakan untuk melakukan semua pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan angka dan grafik serta perhitungan statistik.
Contoh: Lotus 123, Ms. Excel, Quatro Pro, dan lain-lain.

Software pengolah data (data base)
Pengolah data digunakan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data yang berupa angka atau kata sehingga data menjadi lebih lengkap.
Contoh: DBASE III, DBASE PLUS, FOX BASE, dan FOX PRO.

Program aplikasi (application)
Application dipergunakan untuk membuat animasi, gambar, kartu kartu undangan, maupun ucapan.
Contoh: Banner, Print Shop, Print Master, dan Instan Artist.

Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut,
Low level language (bahasa tingkat rendah)
Low level language merupakan bahasa tingkat rendah dan diperlukan logika yang sangat rumit dan perintah-perintah atau instruksi yang berbeda dengan bahasa manusia dan memiliki kecepatan tingkat tinggi. Contoh: Bahasa mesin dan Assembler.

High level language (bahasa tingkat tinggi)
High level language merupakan bahasa pemrograman yang semua perintahnya hampir sama dengan bahasa manusia.
Contoh: Visual Basic, Turbo Pascal, dan Fortron.

Berikut ini akan dijelaskan penggolongan komputer berdasarkan kriteria tertentu.
a.    Berdasarkan data yang diolah
       Berdasarkan data yang diolah, komputer dibedakan menjadi berikut.
  1. Komputer analog, Komputer analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data yang berbentuk fisik dan bersifat kontinu seperti arus listrik, temperatur, dan kecepatan. Kelebihan dari komputer analog adalah kemampuan untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tersebut tanpa harus mengkonversikan terlebih dahulu. Sedangkan kekurangannya adalah pada keakurasian data yang digunakan.
  2. Komputer digital. Komputer digital adalah komputer yang berupa angka-angka atau huruf yang merupakan bahasa mesin. Kelebihan komputer digital adalah sebagai berikut. Tingkat keakuratan data yang lebih tinggi, Dapat menyimpan data dan dapat diedit, Dapat melakukan operasi logika, Output berupa gambar angka atau huruf.
  3. Komputer hybrid. Komputer hybrid banyak digunakan untuk melakukan penelitian-penelitian ilmiah. Komputer hybrid merupakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital.
Berdasarkan penggunaannya
Berdasarkan penggunaannya, komputer dibedakan menjadi berikut.
  1. Special purpose Computer. Special purpose Computer adalah komputer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Contoh: mengerjakan mesin-mesin pabrik, menjalankan robot, penyulingan minyak, pabrik kimia, pabrik baja, dan lain-lain.
  2. General purpose Computer. General purpose Computer adalah komputer yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dan menggunakan bermacam-macam program. Contoh penggunaan general purpose Computer: untuk mengerjakan bisnis, perkantoran, administrasi, dan lain-lain.