Apr 13, 2016

Koneksi Internet Jaringan TV Kabel

Koneksi Internet Jaringan TV Kabel 

Koneksi Internet Jaringan TV Kabel

Internet TV kabel menggunakan media fiber optik dan kabel kiaksial sebagai media aksesnya. Teknologi yang menggabungkan fiber optik dan kabel koaksial untuk distribusi pelanggan dikenal dengan teknologi HFC (Hybrid Fiber-Coaxial). Teknologi HFC merupakan platform jaringan yang menyediakan saluran TV dan akses Internet cepat. Bandwith yang dikirim lewat jaringan TV kabel dibagi menjadi banyak kanal (chanel). Beberapa kanal berfungsi sebagai jalur downstream (dari Internet ke pelanggan), dan lainnya berfungsi sebagai jalur upstream (dari pelanggan Internet). Lebar bandwith atau jumlah kanal yang difungsikan untuk downstream lebih sedikit daripada kanal untuk upstream karena pelanggan lebih banyak melakukan download dibanding upload. Hal ini tentu saja mengakibatkan waktu yang dibutuhkan untuk upload (mengirim data dari pengguna ke Internet) lebih lama daripada waktu untuk mengirim data dari internet ke pelanggan (download).

Kecepatan transmisi data (upstream dan downstream) pada jaringan TV kabel lebih tinggi dibanding transmisi data pada jaringan telepon standar, yaitu 500Kbps sampai 2Mbps. Kecepatan transmisi data ini kinerjanya tidak dipengaruhi jauh-dekatnya jarak antara pelanggan dan penyedia layanan. Dengan kecepatan tersebut, Anda dapat menerima aliran video audio (audio video stream) yang lebih lancar, tidak diam membeku (freeze). Dengan demikian, teleconference dengan live video-audio atau video-audio chatting dengan teman di tempat yang jauh dapat dilakukan dengan nyaman.

Salah satu perangkat pendukung Internet kabel adalah modem (modulator-demodulator) kabel. Modem menghubungkan komputer PC pelanggan dengan saluran TV kabel. Fungsinya adalah sebagai interface antara format standar komunikasi komputer dan format standar komunikasi jaringan TV kabel.

Masalahnya, komunikasi jaringan TV kabel belum mempunyai standar komunikasi yang baku. Karena itu, sebaiknya modem kabel disediakan oleh operator TV kabel. Pemilihan modem yang tidak sesuai dengan format jaringan dapat menghalangi untuk menikmati Internet 24 jam. Namun, jika regulasinya telah disepakati oleh badan-badan yang berwenang. Anda bisa membeli modem dengan pilihan modem yang lebih banyak. Badan-badan yang biasa mengeluarkan regulasi di antaranya Federal Communication Commision (FCC), International Telecommunication Union (IT), dan Institute of Electrical anda Electronics Engineers (IEEE). 


Untuk mengakses informasi secara cepat, saat ini konekasi Internet tidak lagi bergantung pada teknologi 'kabel'. Saat ini, jaringan tanpa kabel (nirkabel) menjadi pilihan lain dalam Koneksi Internet. Jika dibandingkan dengan jaringan berkabel, jaringan nirkabel lebih unggul dalam kepraktisan, efisien, dan efektifitas. Laptop, smartphone, dan PDA merupakan beberapa alat akses informasi teknologi yang menggunakan teknologi nirkabel untuk keperluan pengaksesan data dan informasi. Teknologi yang sangat berperan dalam pengembangan generasi nirkabel ini antara lain adalah teknologi Wi-Fi dan 3G.
Teknologi 3G (Third Generation) merupakan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point dari stasiun yang menerima dan mengirimkan data dari dan ke jaringan nirkabel karena 3G menggunakan sistem ponsel yang telah ada. Penggunaan teknologi 3G dapat dapat dijumpai pada smartphone dan PDA. Teknologi 3G dapat melakukan download movie, video dan gambe beresolusi tinggi.
Teknologi 3G

b. Teknologi Wi-Fi

Wi-Fi (Wireless Fidelity) merupakan sebutan untuk beberapa standar yang masuk dalam kelompok standar 802.11 dalam transisi nirkabel yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Salah satu standar yang ada, 802.11b memungkinkan transmisi data tanpa kabel (nirkabel) dengan kecepatan 1 hingga 11 Mbps sejauh sekitar 90 meter dari acces point atau hotspot. Saat ini banyak fasilitas publik yang telah dilengkapi dengan hotspot atau area terbuka ke jaringan Wi-Fi. Hotspot sendiri biasanya memperoleh akses Internet dari DSL, modem kabel, dan metode lainnya. Dari koneksi Internet yang didapatkan tersebut, kemudian disebarluaskan (broadcast) secara nirkabel sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan menggunakan perangkat mobile computer.
 
Teknologi Wi-Fi

Koneksi Internet Menggunakan Satelit

Akses Internet menggunakan satelit merupakan sebuah layanan yang menggunakan antena parabola yang dapat menyediakan akses donwload hingga 400 kilobits per detik (400kbps). Bila Anda berada di bawah langit yang cerah, Anda dapat menggunakan akses satelit untuk media streaming, mendownload file-file besar, atau hanya untuk menjelajah Web dengan lebih cepat. Cara kerja akses Internet menggunakan sateli adalah menelepon ke ISP menggunakan modem Anda. Sementara Anda menjelajah sebuah halaman Web, Anda mengklik sebuah link untuk melihat halaman Web lainnya, software pada komputer Anda menempatkan seuah kode (dinaman tunneling code) berdasarkan permintaan Anda. Permintaan Anda tidak langsung di kirim ke Web server, melainkan dibawah ke Network Operation Center (NOC/Pusat Operasi Jaringan) dari layanan satelit yang berada di bumi. NOC akan meminta halaman Web yang Anda kirim, kemudian Server mengirimkan halaman yang di kembali ke NOC. Kemudian, NOC menyiarkan halaman Web tersebut ke sebuah satelit, yang kemudian meneruskannya ke antena parabola Anda. Kemudian, antena meneruskan data tersebut ke komputer Anda melalui modem satelit. Seluruh proses ini mengambil waktu kurang dari sentengah detik. Peran satelit dalam akses Internet adalah untuk mempercepat laju transmisi data (download). Pelanggan tetap memerlukan hubungan dengan ISP melalui saluran telekomunikasi.
Koneksi Internet Menggunakan Satelit