Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis

Teknologi Elektronika

Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis


Pada kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari kita bertemu dengan sesuatu perangkat teknologi elektronika, yang kerjanya terkendali secara otomatis, baik terkendali sebagian maupun seluruhnya. Alat elektronika dengan kendali otomatis digunakan dalam semua bidang kehidupan, misalnya pada proses industri adalah pesawat terbang, peluru kendali, pesawat ruang angkasa, robot dan lain sebagainya. Sedangkan pada bidang non teknis adalah pada bidang biologi, ekonomi, sosial, kedokteran dan lain-lain. Dengan meningkatnya kinerja sistem, kualitas produksi dapat menekan biaya produksi.

Sudah pernahkah Anda melihat robot? Robot adalah salah satu alat elektronika dengan kendali otomatis yang dapat melakukan suatu pekerjaan secara terus menerus tanpa memiliki rasa bosan/jenuh. Seiring perkembangan zaman, robot dibuat dalam bentu beragam. Mulai dari Robot Line follower, robot B.E.A.M. (Biology, Electronics, Aesthetics and Mechanics). Dengan banyaknya macam robot, kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat. Ilmu dan Teknologi yang berkembang dengan pesat telah menghasilkan berbagai alat elektronika dengan kendali otomatis yang bermanfaat bagi manusia.
Coba perhatikan video berikut yang menampilkan mobil mainan yang dikendalikan dengan remote control. sumber : http://youtube.com


Desain dan Pengemasan Alat Elektronika dengan Kendali Otomatis


Apa yang bisa Anda bayangkan jika dalam segala aspek kehidupan di lakukan dengan robot? Robot termasuk salah satu alat elektronika dengan kendali otomatis yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Pengertian Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis

Sistem kendali adalah bagian yang terintegrasi dari sistem kehidupan modern saat ini. Selain itu pengertian sistem pengendali otomatis adalah pengertian yang terdiri dari sistem, plant dan proses secara jelas. Sistem adalah kombinasi beberapa komponen yang bekerja secara bersama-sama dan dapat melakukan sasaran tertentu. Plant adalah alat yang terdiri dari bagian mesin yang bekerja bersama-sama dan digunakan dalam melakukan operasi tertentu. Proses adalah operasi dari plant yang dikendalikan terutama perubahan variabel proses. Jadi pengertian karya rekayasa elektronika dengan kendali otomatis yaitu kegiatan rekayasa pada bidang elektronika yang pengontrol dan monitoringnya yang biasa dilakukan manusia dapat digantikan perannya dengan prinsip optimasi.
Pada perkembangannya pengendalian otomatis dan pengontrol otomatis adalah disiplin ilmu yang biasa disebut dengan control engineering dan control system engineering, dengan berkembangnya teknologi sistem otomasi dapat diwujudkan.


Berikut ini adalah beberapa contoh dari produk karya elektronika dengan kendali otomatis pada industri.
a. Sistem kendali kecepatan mesin

Pada sistem kendali otomatis pada alat governor watt mesin pada kecepatan mesin, plant adalah sistem kendali mesin dan variabel yang dikendalikan kecepatannya.

b. Sistem kendali lengan robot
Sistem kendali lengan robot termasuk salah satu alat yang digunakan industri untuk memperbaiki produktivitas, meningkatkan kapasitas dan efisiensi terhadap tenaga manusia. Dengan lengan robot ini dapat digunakan untuk operasi yang bersifat rumit dan rutin serta pada pekerjaan yang memerlukan akurasi tinggi. Pada plant yaitu lengan robot yang terdiri dari motor, pergelangan dan lengan tangan. Terdapat kamera untuk mengetahui gerakan tangan robot. Pengendali digunakan untuk menggerakkan aktuator ke arah yang dikehendakinya.

c. Sistem kendali suhu

Sistem kendali suhu pada kompor listrik. Suhu yang terdapat pada kompor listrik diukur oleh termokopel analog yaitu dengan mengubah suhu digital oleh konverter A/D. Suhu digital dimasukkan ke pengendali melalui antarmuka, penguat, dan relai untuk membawa suhu kompor pada nilai yang diinginkan.
d. Sistem kendali suhu ruang penumpang mobil 

Sistem kendali suhu ruang penumpang mobil yang dikehendaki dikonversikan menjadi tegangan melalui sensor selanjutnya dimasukkan ke pengendali untuk dibandingkan dengan setpoint. Pemasangan sensor suhu yaitu di dalam sedotan udara yang posisinya dekat dengan penumpang. Pengendali mengirimkan sinyal pengendali pada alat pengatur udara untuk mengontrol jumlah udara penyejuk sehingga ruangan suhu penumpang sama dengan suhu yang diinginkan.

e. Sistem kendali rel kereta api

Sistem kendali rel kereta api secara otomatis dirancang untuk memperlambat kereta dalam pengereman agar tidak mengganggu penumpang. Sistem kendali ini juga berfungsi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas, karena menggunakan komputer dalam pengaturan lalu lintas kereta api.

f. Sistem kendali manuvering kapal

Sistem kendali manuvering kapal digunakan untuk mengendalikan arah gerak kapal.

Manfaat Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis

Pada rekayasa elektronika dengan kendali praktis memiliki fungsi untuk memudahkan manusia dalam menyelesaikan masalah. Salah satu contohnya adalah kendali lengan robot yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang rumit, rutin, dan yang memerlukan akurasi yang tinggi dalam industri sehingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Karena untuk akurasinya yang tinggi jadi menghindari cacat produk elektronika dengan kendali otomatis.

Teknik Pengemasan Hasil Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Fungsi utama pengemasan yaitu menunjang distribusi produk terutama yang mudah mengalami kerusakan. Kemasan bermanfaat sebagai wadah, pelindung, penunjang cara penyimpan dan transport, dan sebagai alat persaingan dalam pemasaran. Syarat pengemasan antara lain harus cocok dengan bahan yang dikemas, sanitasi dan kehigenisan, mencegah pemalsuan,memudahkan dalam membuka dan menutup kemasan, memudahkan dan keamanan dalam mengeluarkan isi produk, mudah dalam membuang kemasan bekas, ukuran, bentuk, dan berat produk, penampilan dan cetakan kemasan, dan biaya rendah.

Bahan yang digunakan untuk mengemas produk rekayasa alat elektronika dengan kendali otomatis, antara lain kayu, logam, kertas, papan kertas, plastik dan foil. Kemasan sendiri dapat dikelompokkan menjadi tiga.
  1. Kemasan kaku; Kemasan terluar yang bersifat kaku dan keras guna melindungi produk. Contohnya dari kayu dan logam.
  2. Kemasan semi kaku; Kemasan semi kaku adalah kemasan yang bentuk tidak dipengaruhi bentuk produk kemasannya. Contohnya aluminium, folding carton, dan lain-lain.
  3. Kemasan fleksibel; Kemasan fleksibel adalah kemasan yang bentuknya berubah-ubah sesuai bentuk produk yang dikemas. Contohnya kantong kertas, kantong plastik, dan lain-lain.

Desain Pengemasan Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis


Dalam mendesain kemasan produk rekayasa elektronika dengan kendali otomatis mempunyai tiga kategori dalam menentukan desain antara lain.

a. Makna kemasan

Makna kemasan antara lain personal, sosial dan publik. Produk kemasan personal maksudnya adalah kemasan tersebut hariya diketahui oleh pelakunya. Kemasan yang bermakna sosial yaitu untuk penghormatan atau prestasi yang dicapai. Sedangkan kemasan yang bernilai publik adalah produk dalam kemasan yang akan dikomersialkan, jadi kemasan harus diketahui oleh semua orang yang melihatnya.

b. Kemasan dalam bentuk fisik

Kemasan dalam bentuk fisik terdiri dari kemasan primer, kemasan sekunder dan kemasan tersier. Kemasan primer adalah kemasan yang melekat pada produk. Kemasan sekunder adalah kemasan yang melindungi produk, sedangkan kemasan tersier adalah kemasan yang mempunyai fungsi untuk memudahkan dan praktis dalam penggunaannya.

c. Terdapat lima fungsi yaitu fungsi protektif, praktis, informasi, komunikasi dan lingkungan.

Desainer dalam memikirkan produk kemasan adalah bentuk/wujud produk kemasan dan kombinasi warna dari kemasan tersebut. Dalam mendesain kemasan memiliki fungsi sebagai sarana estetika dalam berkomunikasi dengan semua orang dari berbagai latar belakang, minat, dan pekerjaan.
Daftar Isi

TEKNOLOGY
  1. Perkembangan Teknologi Telepon
  2. Penemuan Telegraf oleh Samuel F.B. Morse bersama Rekannya
  3. Penemuan Telepon Pertama oleh Philip Reis Tahun 1861
  4. Sejarah Perkembangan Radio dari Tahun 1888 sampai dengan 1960
  5. Penemuan Komponen Televisi oleh Para Ilmuwan
  6. Peranan dan Dampak Teknologi lnformasi Komunikasi
  7. Manfaat Teknologi untuk Bisnis dan Perbankan
  8. Teknologi perbankan, Internet banking, ibanking, jateng, mandiri, klikbca individual
  9. Manfaat Positif Teknologi Informasi di Berbagai Bidang
  10. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi terhadap Hak Cipta
  11. Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi
  12. Efek-Efek Negatif Yang Timbul dari Penggunaan Internet
  13. Membuat Proposal Usaha Elektronika Praktis, Pengertian Proposal Usaha, Sistematika Menyusun Proposal Usaha
  14. printer, teknologi, printing, perkembangannya, perkembangan, dimensi, komunikasi, informasi, digital, yang, dengan, cara, kerja, pengertian, produk
  15. mine, infra, daur, dewatering, hidrologi, konsep, water, teknologi
  16. tambang, drainase, rencana, debit, printing, teknologi, komunikasi, air, perkembangan, digital, informasi, outer, sump
  17. Perencanaan dan Prosese Pembuatan Jalan Tambang
  18. Perencanaan Material Jalan dan Contoh Pembuatan Jalan
  19. Metode Penambangan Terbuka
  20. Pengertian Sumber Daya Alam | Jenis sumber daya alam | Asal Sumber Daya Alam | Guna Sumber Daya Alam
  21. Akibat Buruk dari Perkembangan Teknologi dan Informasi
  22. Definisi Teknologi Informasi, Infrastruktur Teknologi Informasi, Brainware Teknologi Informasi, Profesi dalam Industri Komputer
  23. Digital Siganature | Exploit Kits | Undetection Tool | Botnet Generator | User Account Control | Membuat Digital Certificate 
  24. Manusia, Teknologi,  Sains, Kebutuhan Dasar Manusia, Penciptaan Material, Menciptakan Kekayaan
  25. Definisi Teknologi Informasi  | Definisi Informasi  | Sejarah Teknologi Informasi | Peranan Teknologi Informasi Bagi Kehidupan Manusia | Dampak Kemajuan Teknologi Informasi
  26. Dengan Kompor Biogas maka secara ekonomi pengeluaran perbulan dapat dihemat | Proses Produksi Energi Biogas
JARINGAN
  1. Mengenal Alat Komunikasi Pada Masa Sejarah
  2. Kemajuan Teknologi Komunikasi Seiring Perkembangan Zaman
  3. Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI
  4. Smartphone 4G Harga Dibawah 3 Jutaan Rupiah
  5. 9 Tips Pengawet Baterai Handphone Android
  6. Persaingan Teknologi Smartphone 4G LTE
  7. Teknologi Komunikasi, Apple, iPhone, Sony, kode IMEI, Xperia F8331 Trend Pencarian Colombia
  8. Lenovo Vibe C2, Samsung Galaxy J2
  9. Pertumbuhan Teknologi Aplikasi Handphone Android
  10. Sejarah Perkembangan Teknologi Mesin Faximile
  11. Perkembangan Teknologi Televisi
SMARTPHONE
  1. Samsung Galaxy A51 | Desain Makin Cantik dengan Punch Hole Display  | Pertama Bawa One UI 2 | Performa Masih Bisa Diadu | 4  Kamera Utama + 1 Kamera Selfie
  2. Inilah 7 Smartphone Quad Camera Termurah Di Pasar Buat Kamu Yang Hobee Selfie Atau Games Untuk Di Upload Sosial Media
  3. Kamera Quad Buyer | Sensor CMOS IMX586 | Cara Kerja Sensor Quad Bayer
  4. Ketika 5G Diharapkan Bisa Mendorong Penjualan Perangkat |  Pasar PC Global Bakal Terus Menurun
  5. Tes Realme 5i,  Desain  Layar 6.5 Inci "Mini Drop",   OS, Antarmuka, dan Security,   Quad-Camera 12 MP,   Snapdragon 665
  6. Gadget Yang Cocok Untuk Para Pembuat Content Creator  Dalam Berkreasi
  7. Smartphone Satu Jutaan Berbaterai Jumbo Paling Baru
  8. Xiaomi Mi Note 10 Pro vs Samsung Galaxy A71 "Kamera, Performa atau Fitur Bawaan?
  9. Kebutuhan Pasar Akan Produk Samsung Galaxy Note10 Lite
  10. Virus Smartphone, Menguras Rekening Bank,  SMS Lewat Malware, Cara Melindungi diri 
  11. Keunggulan Samsung Galaxy A22 5G Terbaru 
  12. Pasar Perangkat Lunak | Kerja Jarak Jauh 
  13. OnePlus 10T Marvel Edition akan diluncurkan di India selama akhir pekan, inilah yang ada di dalam kotak
TEKNOLOGI ASTRONOMI
  1. Perkembangan Teknologi Media Elektronik Telegraf
  2. Teknologi Elektronik Untuk Mendapatkan Tegangan DC
  3. Produk Rekayasa Pembangkit Listrik Sederhana
  4. Rekayasa | Peluang Usaha Elektronika Praktis | Elektronik Praktis | Uang Elektronik | Pengertian Elektronika Praktis | Aneka Jenis Alat Elektronika Praktiis dan Manfaatnya
  5. Sumberdaya Usaha | Alat Elektronika Praktis | Keindahan Layar LED Raksasa | Komponen Elektronika
  6. Proses Produksi | Alat Elektronika Praktis | Standar Proses Produksi | Mendesain | Kualitas Produk Elektronika Praktis Langkah Keselamatan Kerja Alat Elektronika Praktis
  7. Rekayasa dan Wirausaha Alat Elektronika Dengan Kendali Otomatis
  8. Sumber Daya Karya Rekayasa Elektronika dengan Kendali Otomatis
  9. Pengertian dan Perkembangan Teknologi Radio
  10. Pengertian, Fungsi Resistor, Nama Resistor, Simbol Resistor
  11. Sound System, Beda Surround Dolby Atmos dan Surround Tradisional
  12. Pembangkit Listrik | Tenaga Angin | Desain Produk | Alat Pendukung Produk
TEKNOLOGI FOTOGRAFI
  1. Teknologi Kamera Mirrorless Leica
  2. Perkembangan Teknologi Fotografi Dari Masa Penemuannya
  3. Sejarah Perkembangan Fotografi di Indonesia
  4. Hubungan Seni dan Kreativitas Dengan Fotografi
TEKNOLOGI INDUSTRI
  1. Bioteknologi Pangan Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
  2. PENGGUNAAN MINYAK DAN LEMAK DALAM BIDANG NON PANGAN
  3. Bioteknologi Pertanian Meningkatkan Hasil Pangan
  4. Negara Yang Punya Teknologi Pertanian Terbaik
  5. Cara Amerika Serikat, Dalam Memajukan Teknologi Pertanian, Kacang Kedelai
  6. Teknologi Baru Peternakan Sapi Tanpa Cari Rumput
  7. Cara Meningkatkan Produksi Biogas Berlipat Ganda
  8. Pengertian, Teknologi, Industri, Jenis, Manfaat, Keunggulan
  9. Tren Industri Teknologi, Pengaruh Teknologi Industri, Pertumbuhan Teknologi Industri
  10. Teknologi Mengolah Sampah | Cara lama tidak efisien | Bermula dari beasiswa | Limbah medis jadi perhatian | Teknologi Pirolisis | Mengubah Plastik Jadi Bahan Bakar Cair
TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI PENDIDIKAN